This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rofi'ah, Ayu Nisa' Atur (2024) Peningkatkan kemandirian anak melalui metode pemberian tugas menulis pada anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat Nu 200 Kureksari Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ayu Nisa' Atur Rofi'ah_06020920017 OK.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ayu Nisa' Atur Rofi'ah_06020920017 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2027. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penulisan penelitian ini ialah rendahnya tingkat kemandirian anak pada materi pemberian tugas menulis. Hal ini disebabkan karena guru masih kurang aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan tidak berkonsentrasi. Ditambah lagi banyaknya sub materi yang diberikan membuat siswa merasa kesulitan dan bosan saat mengerjakan tugas. Dari total 20 siswa yang berada di kelompok B hanya ada 17 siswa yang mampu memenuhi nilai Skor yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan menumbuhkan rasa tanggung jawab dan disiplin dengan menggunakan metode pemberian tugas menulis meningkatkan kemandirian siswa kelompok B di TK Muslimat NU 200 Kureksari. (2) Mendeskrispsikan hasil peningkatan kemandirian siswa setelah digunakannya metode pemberian tugas menulis kelompok B di TK Muslimat NU 200 Kureksari.Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan ini adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian siswa kelompok B dengan jumlah 20 siswa dan tempat penelitian di TK Muslimat NU 200 Kureksari Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan metode pemberian tugas menulis telah berhasil digunakan. Hal ini terbukti dari perolehan hasil aktivitas guru yang mendapatkan nilai 80 (Baik) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 95,7(Sangat Baik) pada siklus II. Hasil aktivitas siswa yang mendapat nilai 72 (Cukup) pada siklus I menjadi 98,7 (Sangat Baik) pada siklus II. (2) Hasil dari pemahaman siswa kelompok B mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai pemahaman siswa pada pra siklus sebesar 73,4 (Cukup) meningkat menjadi 85,4 (Cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,4 (Sangat Baik). Dari hasi persentase ketuntasan peningkatan pada pra siklus sebesar 45% (Sangat Rendah) meningkat menjadi 80% (Cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi sebesar 95 % (Tinggi Sekali
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Disiplin Sekolah Etos Kerja Kepribadian Tulisan Tangan |
||||||||||||
Keywords: | Peningkatan; Kemandirian; Pemberian Tugas dan Menulis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Ayu Nisa' Atur Rofi'ah | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:56 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74688 |
Actions (login required)
View Item |