This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Musfi, Abdulbasith Abduljalil Abdullah (2023) Responsibilitas pendidikan orang tua terhadap anak perspektif hadis: studi Ma’anil Hadith dalam konteks wajib belajar di Indonesia pendekatan teori psikososial. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Abdulbasith Abduljalil Abdullah Musfi_02040620001 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abdulbasith Abduljalil Abdullah Musfi_02040620001 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2027. Download (3MB) |
Abstract
Pada dasarnya tanggung jawab pendidikan anak sepenuhnya dipegang kendali oleh orang tuannya sebagai eksekutor dan fasilitator pendidikan pertama (madrasah al-ula). Pendidikan anak adalah hal yang sangat prinsipil dimana nantinya dipersiapkan untuk menjadi generasi pewaris cita-cita luhur agama, keluarga, masyarakat dan bangsanya. Dalam penelitian tesis ini, menggunakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan jenis kepustakaan (library research) dengan rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis tentang responsibilitas pendidikan anak?. Kedua, Bagaimana pemahaman ulama syarh terhadap hadis tentang responsibilitas pendidikan anak?. Ketiga, Bagaimana implikasi hadis responsibilitas pendidikan anak dalam konteks wajib belajar 9 tahun di Indonesia? Hasil dari penelitian tesis ini dapat disimpulkan kedalam tiga bagian: pertama dari segi kualitas dan kehujjahan hadis-hadis tentang responsibilitas pendidikan orang tua terhadap anak yang dikelompokan kedalam empat macam tanggung jawab secara garis besar berkualitas sahih li dzatihi dan dapat dijadikan hujjah, akan tetapi ada satu dijumpai sebagai hadis dhaif. Bagian kedua, terkait dengan pemahaman hadis-hadis tentang responsibilitas pendidikan orang tua terhadap anak dapat dikelompokan menjadi empat bagian yaitu tanggung jawab pendidikan ibadah, pendidikan sejak dini, pendidikan akhlak dan pendidikan menganai hal-hal yang diharamkan. Bagian terakhir terkait dengan implikasi hadis responsibilitas pendidikan anak dalam konteks wajib belajar di Indonesia menghasilkan dua bentuk yakni imlikasi secara teoritis dan filosofis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Anak Hadis |
||||||||||||
Keywords: | Hadith; Education; Psychology | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Ilmu Hadis | ||||||||||||
Depositing User: | mega mujiati | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2024 04:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Dec 2024 04:41 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74698 |
Actions (login required)
View Item |