Pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif menghafal urutan pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 131 Roudlotut Tholibin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wakhidah, Elfa Wahyu (2024) Pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif menghafal urutan pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 131 Roudlotut Tholibin Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elfa Wahyu Wakhidah_D99217035 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Elfa Wahyu Wakhidah_D99217035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi metode pembelajaran yang membuat anak mudah bosan yang menyebabkan anak sulit menerima materi yang disampaikan guru. Observasi dilakukan di RA Muslimat NU 131 Roudlotut Tholibin Gresik. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa sekolah tersebut sering menggunakan metode demonstrasi sehingga materi yang diajarkan belum membekali peserta didik untuk memiliki kemampuan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kemampuan kognitif menghafal urutan pada anak kelompok A sebelum penerapan metode bernyanyi (2) Bagaimana kemampuan kognitif menghafal urutan pada anak kelompok A sesudah penerapan metode bernyanyi (3) Bagaimana pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif menghafal urutan pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 131 Roudlotut Tholibin Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan bentuk Desain Pre-Eksperimental. Desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subyek penelitian terdiri dari 27 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, dan uji Wilcoxon. Adapaun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal urutan pada anak kelompok A di RA Muslimat Nu 131 Roudlotut Tholibin Gresik. Hasil tersebut dibuktikan melalui hasil uji hipotesis Uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS didapat nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wakhidah, Elfa Wahyuwakhidahelfa0409@gmail.comD99217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com--
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Kecerdasan
Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Musik
Keywords: Metode Bernyanyi; Kemampuan Kognitif Menghafal Urutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Elfa Wahyu Wakhidah
Date Deposited: 30 Dec 2024 00:47
Last Modified: 30 Dec 2024 00:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74806

Actions (login required)

View Item View Item