This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hariana, Sherlin (2024) Pengembangan media pembelajaran BIMAYARA (Bianglala dan Rumah Kebudayaan Nusantara) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD khazanah ilmu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Sherlin Hariana_06010721022.pdf Download (9MB) |
|
Text
Sherlin Hariana_06010721022_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 27 December 2027. Download (9MB) |
Abstract
Media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, terutama dalam membantu peserta didik memahami materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru IPAS kelas IV-A di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo, guru mengalami kendala pada pembelajaran IPAS materi keragaman budaya Indonesia yaitu keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan relevan sehingga dapat mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap membedakan karakteristik budaya di setiap daerah. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1)Mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran BIMAYARA (Bianglala dan Rumah Kebudayaan Nusantara). 2) Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran BIMAYARA (Bianglala dan Rumah Kebudayaan Nusantara). 3) Mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran BIMAYARA (Bianglala dan Rumah Kebudayaan Nusantara). 4) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran BIMAYARA (Bianglala dan Rumah Kebudayaan Nusantara).Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Develop (pengembangan), dan 4) Disseminate(penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A SD Khazanah Ilmu Sidoarjo yang berjumlah 24 peserta didik. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui field note (catatan lapangan), wawancara, observasi, angket validasi dan angket respon, serta tes tulis (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Desain pengembangan media BIMAYARA dilakukan sesuai metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) sehingga menghasilkan media pembelajaran yang valid digunakan setelah direvisi. 2) Media BIMAYARA dinyatakan valid digunakan setelah melalui beberapa revisi dengan hasil validasi ahli materi dengan nilai akhir sebesar 80 dan 78,66 serta ahli media sebesar 78,88. Respon peserta didik terhadap media BIMAYARA memperoleh kategori “Sangat baik” dengan nilai akhir sebesar 92,5. 3) Kepraktisan media BIMAYARA di kelas IV-A SD Khazanah Ilmu Sidoarjo pada pembelajaran yang dilakukan guru mencapai nilai akhir sebesar 82,5 dengan kategori “Sangat Praktis” dan aktivitas peserta didik sebesar 76,66 dengan kategori “Praktis". 4) Keefektifan media BIMAYARA untuk meningkatkan pemahaman peserta didik sesuai hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan uji N-gain rata-rata 0,6268 dalam kategori “Sedang”.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; media pembelajaran BIMAYARA; pelajaran IPAS | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Sherlin Hariana | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 01:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 01:59 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74811 |
Actions (login required)
View Item |