This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ariyanti, Dwi (2024) Korelasi antara peran guru dengan pembentukan karakter nasionalisme peserta didik di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dwi Ariyanti_06040721095.pdf Download (8MB) |
|
Text
Dwi Ariyanti_06040721095_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 27 December 2027. Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan karakter sangat penting, khususnya bagi peserta didik perantauan. Pendidikan menuju terbentuknya suatu karakter bangsa peserta didik merupakan tanggung jawab seluruh guru. Karakter nasionalisme sangat penting ditekankan pada peserta didik sedari dini. Peserta didik Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia pada jenjang sekolah dasar masih kurang dalam pengetahuan tentang ke-Indonesia-an, penerapan Bahasa Indonesia pada percakapan di kehidupan sehari-hari, serta pengetahuan dan penggunaan tentang bahasa daerah asalnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur korelasi antara peran guru dengan pembentukan karakter nasionalisme peserta didik Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain penelitian non-eksperimen berupa korelasional. Teknik sampling yang digunakan ialah stratified random sampling dengan total sampel 59 responden dari peserta didik jenjang sekolah dasar di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara variabel Peran Guru dengan Pembentukan Karakter Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia dengan nilai rhitung sebesar 0,561. Hal tersebut menunjukkan bahwa meskipun peran guru berkontribusi positif dalam pembentukan karakter nasionalisme peserta didik, pengaruh tersebut tidak sekuat yang diindikasikan dalam penelitian sebelumnya. Perbedaan ini mungkin dipengaruhi oleh konteks internasional peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan peran guru perlu dilengkapi dengan strategi tambahan untuk memaksimalkan pembentukan karakter nasionalisme peserta didik. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang mungkin mempengaruhi karakter nasionalisme peserta didik, seperti lingkungan keluarga, sosial, dan media sosial, utamanya dalam konteks pendidikan di luar negeri atau lingkungan multikultural.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Pendidikan > Pendidikan - Karakter Nasionalisme |
||||||||||||
Keywords: | Peran guru; pembentukan; karakter nasionalisme; peserta didik | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dwi Ariyanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74813 |
Actions (login required)
View Item |