This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azizah, Ilma Nur (2024) Pengaruh strategi pembelajaran aktif “teks acak” terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita pendek di MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ilma Nur Azizah_06020721044 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilma Nur Azizah_06020721044 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 27 December 2027. Download (7MB) |
Abstract
Kemampuan literasi peserta didik di sekolah dasar di Indonesia sangat penting untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis mereka, namun data dari PISA menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia masih rendah, dengan skor rata-rata literasi membaca pada tahun 2018 hanya 371, jauh di bawah rata-rata OECD 487. Di MIN 2 Kota Surabaya, observasi menunjukkan bahwa banyak siswa kurang aktif dan tidak mampu menjawab pertanyaan guru akibat pemahaman yang rendah dan minimnya kepercayaan diri. Meskipun ada upaya untuk mengembangkan metode pengajaran inovatif, proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru menghambat perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang mengukur hasil belajar peserta didik melalui soal uraian dan menerapkan strategi pembelajaran aktif, sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan keterampilan literasi dan berpikir kritis mereka, yang sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif teks acak dengan strategi pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment. Strategi di implementasikan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Analisis data menunjukkan perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif teks acak dan siswa yang menggunakan strategi konvensional, dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa perbedaan ini disebabkan oleh perlakuan pembelajaran yang berbeda. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan N-Gain Score yang lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol untuk semua indikator, dengan nilai N-Gain kelas eksperimen berkisar antara 85,91% hingga 94,47% (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol berkisar antara 57,81% hingga 66,19% (kategori sedang). Indikator "Situasi" dalam kelas eksperimen mencapai nilai tertinggi sebesar 94,47%, sementara indikator "Kejelasan" di kelas kontrol mencapai 66,19%. Hasil ini mengindikasikan bahwa pembelajaran aktif teks acak lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita pendek.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Keterampilan Metode Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Strategi pembelajaran aktif; teks acak; berpikir kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Ilma Nur Azizah | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 03:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 03:01 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74834 |
Actions (login required)
View Item |