Implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian anak pada Kelompok B TK Al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriyah, Binti Aminatuz (2024) Implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian anak pada Kelompok B TK Al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Aminatuz Zuhriyah_D09217002 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Binti Aminatuz Zuhriyah_D09217002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian anak kelompok B di TK Al-Jihad Surabaya. Selain itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari implementasi pendidikan kecakapan hidup di TK Al-jihad dalam meningkatkan kemandirian siswa kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya teknik uji keabsahan data yang digunakan yaitu credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan kecakapan hidup di TK Al-Jihad dalam meningkatkan kemandirian anak pada kelompok B dilakukan dengan memadukan kegiatan atau praktik kecakapan hidup dalam pembelajaran sesuai dengan tema, kebutuhan dan kemampuan anak usia dini. Dalam pelaksanaannya, pendidikan kecakapan hidup yang diimplikasikan oleh tenaga pendidik TK Al-Jihad dilakukan dengan berbagai model dan metode yang beragam. Pertama, pendidikan kecakapan hidup bagi anak usia dini dapat dilakukan melalui pembiasaan sehari-hari di dalam kelas untuk membekali anak dengan keterampilan atau kecakapan dasar yang dapat dilakukan di dalam kelas. Kedua, pendidikan kecakapan hidup dapat dilakukan melalui kegiatan pramuka prasiaga. Ketiga, pendidikan kecakapan hidup bagi anak usia dini dapat diaplikasikan melalui kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) sesuai dengan kebijakan merdeka belajar. Kelebihan dari aplikasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian anak kelompok B di TK Al-Jihad diantaranya, memfasilitasi anak untuk terlibat aktif dalam melakukan eksplorasi terhadap benda-benda maupun lingkungan di sekitarnya dan praktik kecakapan hidup yang diaplikasikan pada anak usia dini dikemas melalui kegiatan bermain. Sedangkan kelemahan dari implikasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian anak di TK Al-Jihad adalah sikap atau pola asuh orang tua yang cenderung over protective ketika anak berada di rumah. Dimana orang tua terlalu membatasi ruang eksplorasi anak dan tidak melatih keterampilan dasar pada anak usia dini. Kelemahan selanjutnya yaitu praktik atau latihan keterampilan untuk anak usia dini hanya ditulis dengan ceklis atau paraf guru saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriyah, Binti Aminatuzbintiaminatuzzuhriyah@gmail.comD09217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Mandiri
Guru
Kecakapan
Orang tua dan Anak
Keywords: Kecakapan Hidup; Kemandirian; Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Binti Aminatuz
Date Deposited: 30 Dec 2024 07:38
Last Modified: 30 Dec 2024 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74840

Actions (login required)

View Item View Item