This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahayu, Afiyah Wildah (2024) Pengaruh media game edukasi berbasis Educandy terhadap peningkatan penguasaan Mufradat peserta didik kelas V MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
Text
Afiyah Wildah Rahayu_06020721029 OK.pdf Download (912kB) |
|
Text
Afiyah Wildah Rahayu_06020721029 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 December 2027. Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran bahasa Arab menjadi monoton dan membosankan yang mengakibatkan rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengingat kosakata (mufradat) bahasa Arab karena rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game edukasi berbasis aplikasi educandy terhadap peningkatan penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab peserta didik kels V MIN 2 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis desain penelitian berupa quasi experimental design dengan model nonequivalent group design. Penelitian ini dilakukan di kelas V MIN 2 Kota Surabaya, dengan menggunakan dua kelas yakni kelas VC diberi treatment menggunakan media game edukasi berbasis educandy Arabic Fun dan kelas VA menggunakan media pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni tes tulis berupa pilihan ganda. Sebelum dilakukan treatment peneliti memberikan pretest dan memberikan tes akhir yakni posttest untuk mengukur peningkatan penguasaan mufradat peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis (independent sample-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik pada pretest pada kelas ekperimen sebesar 47,75 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 44,25. Nilai rata-rata yang didapat pada posttest pada kelas eksperimen sebesar 71,00 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 61,63. Selisih antara nilai sebelum dan sudah perlakuan membuktikan bahwa adanya peningkatan nilai setelah diberikan perlakuan. Hasil uji-t pada penelitian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat perbedaan skor pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pemberian perlakuan. Maka pada penelitian ini dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media game edukasi berbasis educandy yang diberi nama ArabicFun terhadap peningkatan penguasaan mufradat peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab | ||||||||||||
Keywords: | Media game edukasi; Penguasaan mufradat; Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Afiyah Wildah Rahayu | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2024 07:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Dec 2024 07:18 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74843 |
Actions (login required)
View Item |