Pengembangan media pembelajaran smart box berbasis diferensiasi gaya belajar anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman teks eksplanasi bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahire, Izni Nurul Ambami (2024) Pengembangan media pembelajaran smart box berbasis diferensiasi gaya belajar anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman teks eksplanasi bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izni Nurul Ambami Zahire_06040721102 OK.pdf

Download (749kB)
[img] Text
Izni Nurul Ambami Zahire_06040721102 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2027.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk memecahkan masalah yang ada di kelas V-B MIN 2 Kota Surabaya yaitu kurangnya kemampuan pemahaman siswa dalam materi teks eksplanasi Bahasa Indonesia, siswa membutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik dan informatif, dan setiap siswa memiliki kebutuhan gaya belajar yang beragam. Kemampuan pemahaman setiap siswa diukur dengan adanya pretest dan posttest. Hasil pretest siswa mendapatkan 60,44 dari 25 siswa yang dihitung. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan produk untuk memecahkan masalah kurangnya kemampuan pemahaman siswa dengan mengembangkan media pembelajaran dengan diferensiasi gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mengembangkan media pembelajaran smart box berbasis diferensiasi gaya belajar anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman teks eksplanasi Bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 2 Kota Surabaya; 2) Menguji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk digunakan dalam pembelajaran; 3) Menguji kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan untuk digunakan dalam pembelajaran; dan 4) Menguji tingkat efektifitas media pembelajaran smart box berbasis diferensiasi gaya belajar anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi teks eksplanasi Bahasa Indonesia kelas V-B MIN 2 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan atau RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate. Subjek penelitian ini yaitu 25 siswa kelas V-B MIN 2 Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini yaitu data kualitatif dengan deskriptif dan data kuantitatif dengan uji validitas, uji normalitas, dan uji t-test Wilcoxon. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu; 1) Desain dengan teori pengembangan ADDIE menghasilkan hasil analisis observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan guru kelas, dan dokumentasi pada dokumen madrasah seperti KOM dan daftar nilai. Mendesain menghasilkan rancangan tata letak, tampilan dalam dan luar, isi media pembelajaran yaitu materi, contoh soal, latihan soal, quiz, refleksi, dan game zone. Mengembangkan menghasilkan produk akhir penelitian dengan diferensiasi gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Implementasi menghasilkan nilai asesmen awal diagnostik gaya belajar, nilai pre-test, angket respon siswa, dan nilai post-test. Evaluasi menghasilkan nilai skor respon pada implementasi; 2) Hasil uji kelayakan didapatkan dari hasil ukur validasi oleh validator dengan hasil sangat layak dengan rata-rata persentase 98,8% oleh tiga validator; 3) Hasil uji kepraktisan didapatkan dari hasil ukur hasil angket respon siswa. Hasil angket respon siswa mencapai 91,36% sangat layak dengan rata-rata skor siswa 4,568 dari 5,00 sebanyak 25 siswa; dan 4) Hasil uji efektifitas didapatkan dari adanya peningkatan nilai pada rata-rata posttest mencapai 92,36 dengan nilai persentase 13,5% meningkat sehingga dinyatakan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi teks eksplanasi Bahasa Indonesia. Kevalidan kelayakan pada hasil validasi media pembelajaran dinyatakan sangat valid atau sangat layak dari hasil nilai kelayakan isi dan kelayakan penyajian. Dinyatakan layak diperoleh rata-rata predikat nilai 4,94 dari nilai maksimal 5,00 pada aspek kesesuaian materi dengan CP, keakuratan materi, kemutakhiran materi, mendorong keingintahuan siswa, keseuaian konsep, kesesuaian penyajian gambar dan ilustrasi, dan kesesuaian penyajian pembelajaran yang dinilai oleh tiga validator ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Kevalidan kepraktisan pada hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan sangat valid atau sangat praktis dari hasil nilai kepraktisan isi dan kepraktisan penyajian. Dinyatakan praktis diperoleh rata-rata predikat nilai 4,56 dari nilai maksimal 5,00 pada aspek konten mudah dipahami, materi yang disajikan sesuai pembelajaran di kelas, materi menarik fokus siswa, gambar dan teks mudah dipahami, konsep materi mudah dipahami, materi mudah dipelajari, media mudah digunakan, media membantu dalam belajar, media menarik untuk digunakan, respon individual siswa, dan tingkat kemampuan pemahaman siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahire, Izni Nurul Ambamiizninrlaz8@gmail.com06040721102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: media pembelajaran; smart box; diferensiasi gaya belajar; kemampuan pemahaman; bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Izni Nurul Ambami Zahire
Date Deposited: 30 Dec 2024 04:19
Last Modified: 30 Dec 2024 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74856

Actions (login required)

View Item View Item