تطوير وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام بوتون لترقية المهارات اللغوية العربية لطلاب الصف الثامن بمدرسة سلفية المتوسطة الإسلامية بجونجكوف لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Siska Syifa'ul (2023) تطوير وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام بوتون لترقية المهارات اللغوية العربية لطلاب الصف الثامن بمدرسة سلفية المتوسطة الإسلامية بجونجكوف لامونجان. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siska Syifa'ul Husna_02040920033 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Siska Syifa'ul Husna_02040920033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui media pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Cungkup Lamongan. 2) Mengetahui pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Powtoon untuk meningkatkan keterampilan Berbahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Cungkup Lamongan. 3) Mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Powtoon untuk meningkatkan keterampilan berbahasa arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Cungkup Lamongan. Metode penelitian ini yaitu penelitian campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah: observasi, wawancara, tes, dan angket. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Cungkup Lamongan. Untuk analisis data kuesioner peneliti menggunakan skala likert dan untuk menentukan keefektifan media yang dikembangkan peneliti menggunakan “t-tes”. Hasil dari penelitian ini adalah: media pembelajaran dengan model pengembangan ADDIE divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, hasil penilaian dari ahli media yaitu 87,5%, hasil penilaian dari ahli materi yaitu 92,5%, adapun hasil angket penilaian siswa mendapatkan hasil 86,1%, semua nilai termasuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, peneliti memperoleh nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 63 dan nilai rata-rata untuk post-test sebesar 82. Dengan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu memperoleh hasil 0,000 (0,000>0,05) yang artinya (H0) Hipotesis Nol ditolak dan (Ha) Hipotesis Alternatif diterima. Sehingga menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan powtoon untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Cungkup Lamongan adalah efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Siska Syifa'ulsiskash1996@gmail.com02040920033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan@uinsa.ac.id2014038501
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsa.ac.id2028097802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Media pembelajaran; Bahasa Arab; Powtoon
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siska Syifa'ul Husna
Date Deposited: 31 Dec 2024 07:58
Last Modified: 31 Dec 2024 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74887

Actions (login required)

View Item View Item