This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aditia, Mohammad Adam (2024) Makna Local Pride dalam pengembangan produk lokal di kalangan aktor ekonomi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mohammad Adam Aditia_10040321095 full.pdf Restricted to Repository staff only until 31 December 2027. Download (3MB) |
|
Text
Mohammad Adam Aditia_10040321095.pdf Download (3MB) |
Abstract
Gerakan untuk mempromosikan produk lokal telah menjadi fenomena penting dalam dinamika ekonomi regional dan sosio-budaya di tengah globalisasi dan persaingan produk global. Salah satu contoh fenomena ini adalah munculnya "gerakan cintai produk lokal." Dalam konteks promosi dan pengembangan produk lokal di Sidoarjo, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis makna local pride dalam pengembangan produk lokal seperti produk perikanan di bentuk dan disampaikan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan berbagai aktor ekonomi, termasuk pemerintah, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta konsumen, digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa local pride memiliki makna ganda, sebagai alat promosi yang menguatkan solidaritas lokal sekaligus menciptakan ketegangan akibat ketimpangan perhatian terhadap produsen kecil. Selain itu, promosi ini berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal meskipun menghadapi tantangan pada aspek modal dan mutu produk. Permintaan dari masyarakat mendorong pelaku usaha lokal untuk terus meningkatkan kualitas, inovasi, dan branding produk mereka agar tetap kompetitif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Promosi |
||||||||
Keywords: | Local Pride; produk lokal; identitas daerah; ekonomi local | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||||
Depositing User: | Mohammad Adam Aditia | ||||||||
Date Deposited: | 31 Dec 2024 08:02 | ||||||||
Last Modified: | 31 Dec 2024 08:02 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74889 |
Actions (login required)
View Item |