Pengaruh parent teach program terhadap motivasi belajar siswa di SD Khazanah Ilmu Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Laili (2024) Pengaruh parent teach program terhadap motivasi belajar siswa di SD Khazanah Ilmu Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Rahmawati_06010721015.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Laili Rahmawati_06010721015_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dimulai dari adanya inisiatif kepala sekolah memberikan ruang kepada orang tua untuk memberikan ilmunya kepada siswa-siswi agar mampu menambah wawasan serta meningkatkan motivasi belajar siswa yang masih kurang dalam belajar yang akan berdampak pada efektif atau tidaknya tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Motivasi belajar siswa akan terbentuk dengan baik jika adanya peran orang tua dan guru yang baik juga. Parent Teach Program merupakan salah satu program sekolah yang melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran dengan memberikan ilmu tentang profesi atau keahliannya serta nasihat untuk meraih kesuksesan yang dimiliki orang tua. Dengan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh Parent Teach Program terhadap motivasi belajar siswa dii SD Khazanah Ilmu, Taman Sidoarjo. Adapun tujuan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Parent Teach Program Terhadap Motivasi Belajar Siswa d SD Khazanah Ilmu, Taman Sidoarjo.Penelitian Kuantitatif ini menggunakan Metode Survey dengan pendekatan Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III, IV, V, dan VI di SD Khazanah Ilmu yang berjumlah 349 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampel acak (random sampling). Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas III, VI, V, dan VI yang berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan observasi, wawancara serta angket. Analisis data menggunakan tiga uji yaitu: (1) Uji Instrumen Validitas dan Reliabilitas, (2) Uji Prasyarat analisis (normalitas dan linearitas), (3) Uji hipotesis (Korelasi Product Moment dan Regresi Linier Sederhana). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: persepsi siswa kelas III, IV, V, dan VI mengenai Pengaruh Parent Teach Program terhadap Motivasi belajar memiliki kategori positif. Ada pengaruh Parent Teach Program terhadap Motivasi belajar siswa di kelas III, IV, V, dan VI di SD Khazanah Ilmu, Taman Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh Asymp.Sig = 0,00 (0,00 < 0,05) dan nilai Korelasi dengan nilai rhitung sebesar 0,628 > rtabel sebesar 0,266 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha Diterima serta dikategorikan dalam hubungan yang kuat. Hasil penelitian uji regresi linier sederhana ini adalah berpengaruh positif dan signifikan yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Parent Teach Program dan motivasi belajar siswa. Pengaruh Parent Teach Program terhadap motivasi belajar siswa di kelas III, IV, V, dan VI di SD Khazanah Ilmu, Taman Sidoarjo adalah sebesar 25,8%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Laililailirahmaskripsi21@gmail.com06010721015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Taufiq--197302022007011040
Thesis advisorMas'ud, Sulthon--197391020027011017
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Orang tua dan Anak
Keywords: Parent teach program; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laili Rahmawati
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:39
Last Modified: 03 Jan 2025 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74971

Actions (login required)

View Item View Item