This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cahyani, Safira Adjie (2023) Kesulitan belajar penderita post traumatic stress disorder: studi kasus di Kota Gresik dan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Safira Adjie Cahyani_D97218105 full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 January 2028. Download (1MB) |
|
Text
Safira Adjie Cahyani_D97218105.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berakar dari permasalahan kesulitan belajar yang di alami dua peserta didik yang mengalami pelecehan seksual oleh orang orang terdekatnya. Sebuah yayasan sosial di Surabaya telah melakukan pendampingan kepada kedua peserta didik berbeda sekolah ini dengan meberikan perlindungan advokasi, sosialisasi, penanganan serta pendampingan. Yayasan dan sekolah telah bekerjasama untuk memberikan perindungan serta penanganan untuk mengatasi masalah trauma dan kesulitan belajar kedua peserta didik tersebut. Namun pada kenyataannya kedua peserta didik tersebut masih belum dapat mengatasi kesulitan belajar yang mereka alami. Tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu, 1) Untuk Mengetahui bentuk kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik penderita trauma psikis (PTSD). 2) Untuk mengetahui proses pembelajaran peserta didik penderita trauma psikis (PTSD) di kelas. 3) Untuk mengetahui upaya guru dan sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik penderita trauma psikis (PTSD) di kelas. Jenis dan desain penelitian yang digunakan yaitu, kualitatif interaktif dengan pendekatan studi kasus. Teknik sampling menggunakan Non Probability Sampling (Sampel Acak) dengan melibatkan kedua guru, orang tua, teman sekelas, konselor partisipan, dan ahli (psikolog). Pada teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa: 1) Kedua partisipan memiliki kemampuan membaca yang masih rendah, serta kedua partisipan masih belum dapat menguasai materi numerasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembegian. 2) Guru partisipan A menggunakan perangkat dan metode khusus, untuk menyeimbangkan kemampuan partisipan. Dengan menurunkan tuntutan dan target hasil berlajar. Sedangkan pada proses pembelajaran partisipan B. Partisipan B sangat pendiam saat dikelas dan jarang mengkomunikasikan kesulitan belajar yang dihadapinya. Sementara guru kurang memiliki inisiatif untuk menanyakan kesulitan belajar partisipan b. 3) Sekolah dan Guru Partisipan A telah menyesuaikan perangkat dan bahan ajar sesuai dengan kemampuan partisipan. Meskipun dalam prakteknya terdapat beberapa kendala partisipan memang masih perlu dibimbing secara perlahan dan sabar. Sedangkan untuk partisipan B upaya yang dilakukan oleh guru dan sekolah masih belum berjalan dengan maksimal. Seperti contohnya strategi guru yang melibatkan partisipan agar terus aktif pada proses pembelajaran, kenyataannya partisipan sangat pendiam dan pasif ketika dikelas. kemudian denah bangku yang guru ciptakan masih belum efektif sebab tidak semua peserta didik dikelas dapat menyesuaikan diri dengan partisipan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Pendidikan > Anak Anak > Kepribadian |
||||||||||||
Keywords: | Kesulitan belajar; post traumatic stress disorder | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Safira Adjie Cahyani | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74975 |
Actions (login required)
View Item |