Pengaruh kewibawaan guru kelas terhadap kedisiplinan belajar peserta didik di MINU Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Ainin (2024) Pengaruh kewibawaan guru kelas terhadap kedisiplinan belajar peserta didik di MINU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainin Munawaroh_06020721031 OK.pdf

Download (877kB)
[img] Text
Ainin Munawaroh_06020721031 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

Saat ini banyak peserta didik yang sering melanggar peraturan sekolah, baik itu ketika di dalam kelas maupun diluar kelas, hal ini dikarenakan kurangnya kedisiplinan belajar dari peserta didik. Disiplin dalam belajar sangatlah diperlukan bagi seluruh peserta didik, sebab adanya disiplin belajar maka tujuan pendidikan mudah tercapai. Dari masalah tersebut, gurulah yang menjadi peran penting dalam pembentukan karakter peserta didik , karena tugas guru tidak hanya pada penyampaian materi saja, melainkan juga bertanggung jawab dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi peserta didik. Perlu bagi seorang guru memiliki kewibawaan karena dengan adanya kewibawaan yang dimiliki oleh guru, peserta didik akan lebih cenderung mendengarkan perkataanya dan meniru tindakan yang dilakukan gurunya. Dari pernyataan diatas, dilakukannya penenlitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru kelas terhadap disiplin belajar peserta didik di MINU Waru II Sidoarjo. Penenlitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis regresi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan skala likert sebagai pengskorannya. Sampel yang digunakan adalah seluruh kelas V MINU Waru II Sidoarjo yang terdiri dari tiga rombel yaitu A, B, dan C sejumlah 56 peserta didik. Data penenlitian ini diolah dengan menggunkan uji regresi sederhana, uji Fhitung, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi linear sederhana didapat persamaan Y = 13,886+ 0,782 X yang berarti apabila terjadi peningkatan 1 poin skor kewibawaan guru kelas maka kedisiplinan peserta didik akan ikut meningkat sebesar 0,782. Dari hasil uji signifikansi diperoleh Fhirung > Ftabel yaitu 59,781> 4,02 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Dan besar pengaruh yang diberikan oleh kontribusi kewibawaan guru kelas terhadap kedisiplinan belajar peserta didik sebesar 52,5 % yang menyatakan pengaruh nya cukup kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Aininmuzadiainin@gmail.com06020721031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawir@uinsby.ac.id2001086501
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.mas'ud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Disiplin Sekolah
Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Kewibawaan; kedisiplinan belajar; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainin Munawaroh
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:14
Last Modified: 10 Jan 2025 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75015

Actions (login required)

View Item View Item