This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholikhah, Dahlia Damayanti (2025) Problematika guru PAI dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dahlia Damayanti Sholikhah_06010121010.pdf Download (3MB) |
|
Text
Dahlia Damayanti Sholikhah_06010121010_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan metode pengajaran yang berfokus pada kebutuhan belajar siswa dalam hal kesiapan, profil, minat, dan keterampilan mereka. Pembelajaran berdiferensiasi menekankan pada perbedaan individu, bukan berarti membeda-bedakan siswa, melainkan menyesuaikan minat dan bakat mereka dengan gaya dan kesiapan belajar masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah, yaitu penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Negeri 26 Surabaya, problematika yang dihadapi guru PAI di SMP Negeri 26 Surabaya dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Negeri 26 Surabaya dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran berdiferensiasi, serta faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru PAI di SMP Negeri 26 Surabaya dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek penelitian, yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebagai penelitian lapangan (field research), yang melibatkan pengamatan langsung terhadap fenomena alamiah. Data yang diperoleh dianalisis melalui teknik kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 26 Surabaya dilakukan dengan baik. Guru menggunakan asesmen diagnostik dan strategi diferensiasi proses, konten, produk, dan lingkungan belajar untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam. (2) Guru menghadapi permasalahan seperti kurangnya pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi, kesulitan mengelola kelas heterogen, dan keterbatasan fasilitas teknologi. (3) Guru mengatasi masalah pembelajaran berdiferensiasi dengan mengikuti pelatihan dan kolaborasi antar guru, penugasan kelompok untuk pengelolaan kelas, serta menyediakan alternatif pembelajaran ketika teknologi terbatas. (3) Faktor pendukung upaya guru PAI di SMP Negeri 26 Surabaya dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu keterlibatan siswa, pemanfaatan teknologi, fasilitas yang memadai, dan dukungan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu dan akses sumber belajar
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pendidikan > Kurikulum |
||||||||||||
Keywords: | Problematika; guru PAI; pembelajaran berdiferensiasi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dahlia Damayanti Sholikhah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:02 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75288 |
Actions (login required)
View Item |