Pengembangan media panjurang: papan penjumlahan dan pengurangan pada materi bilangan cacah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di MI Bahrul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aabidah, Annisah Dzakiyyah (2024) Pengembangan media panjurang: papan penjumlahan dan pengurangan pada materi bilangan cacah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di MI Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisah Dzakiyyah Aabidah_06010721007 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Annisah Dzakiyyah Aabidah_06010721007 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

Adapun salah satu faktor yang sangat krusial dalam meningkatkan proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran juga mampu meningkatkan mutu dari pembelajaran sekaligus mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Menurut dari hasil observasi siswa kelas II MI Bahrul Ulum Surabaya, siswa lebih antusias dan termotivasi apabila pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media PANJURANG (Papan Penjumlahan dan Pengurangan). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1).Menjelaskan proses pengembangan media PANJURANG,2).Menjelaskan kevalidan hasil pengembangan media PANJURANG,3).Menjelaskan kepraktisan hasil pengembangan media PANJURANG,4).Menjelaskan keefektifan hasil pengembangan media PANJURANG. Penelitian pengembangan ini memanfaatkan metode Research and Development (R&D) guna menghasilkan suatu produk dan mengujikan kevalidan, kepraktisan, serta keefektifannya. Dalam hal ini penulis menggunakan model ADDIE dengan lima tahapannya yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini antara lain catatan lapangan, lembar validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa validitas media pembelajaran PANJURANG menurut validator media memperoleh persentase sebanyak 78% dalam kategori valid. Namun menurut validator materi mendapatkan persentase sebanyak 79% dalam kategori valid. Adapun kepraktisan media PANJURANG menurut guru kelas II-A memperoleh persentase sebanyak 96% sedangkan menurut siswa memperoleh persentase sebanyak 88,38% masuk dalam kategori sangat praktis. Adapun keefektifan dilihat dari perolehan hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa hasil pre-test sebesar 37,89% sedangkan hasil post-test memperoleh hasil 66,31% sehingga terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 28,42 berdasarkan hasil tersebut diperoleh signifikansi 0,000 sehingga media dapat dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aabidah, Annisah Dzakiyyahdzakiyyahanisah6@gmail.com06010721007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahrimusthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Pengembangan; media panjurang; operasi penjumlahan dan pengurangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisah Dzakiyyah Aabidah
Date Deposited: 11 Jan 2025 07:47
Last Modified: 11 Jan 2025 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75395

Actions (login required)

View Item View Item