Program 3M (Mondok Malam Minggu) dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MIS Salafil Huda Banjaranyar Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syifaanddini, Shalihah (2024) Program 3M (Mondok Malam Minggu) dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MIS Salafil Huda Banjaranyar Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shalihah Syifaanddini_06020721063 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (8MB)
[img] Text
Shalihah Syifaanddini_06020721063.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya Madrasah Ibtidaiyah Salafil Huda Banjaranyar dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui program 3M (Mondok Malam Minggu). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa secara mendalam bagaimana pelaksanaan program 3M (Mondok Malam Minggu) di MIS Salafil Huda Banjaranyar dalam membina akhlakul karimah peserta didik, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program 3M (Mondok Malam Minggu) dalam membina akhlakul karimah peserta didik, serta (3) Apa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan program 3M (Mondok Malam Minggu) dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MIS Salafil Huda Banjaranyar, Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang tempat MIS Salafil Huda Banjaranyar dengan metode pemilihan informan sebagai subjek penelitian menggunakan teknik Purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Yayasan, kepala madrasah, Pembina program, dan para peserta didik. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pembinaan akhlakul karimah melalui program 3M (Mondok Malam Minggu) di MIS Salafil Huda Banjaranyar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipatif, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program ini dirancang sebagai respons terhadap tantangan moral anak usia sekolah dasar di era modern. Berbasis pada kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 karya Al-Ustadz Umar Bin Ahmad Baraja, kegiatan program mencakup pembinaan akhlak kepada Allah, sesama manusia, dan lingkungan melalui konsep 3B: Belajar, Beribadah, dan Bersenang-senang. Aktivitas meliputi sholat berjamaah, tahajud, tausiah, qiroah Al-Qur'an, permainan edukatif, hingga kerja bakti, menggunakan metode pemahaman, pembiasaan, keteladanan, targhib, dan tarhib. 2) Faktor pendukung dalam pogram ini diantaranya adalah adanya dukungan pihak madrasah berupa peran aktif yayasan dan himmah atau cita-cita luhur pendamping, antusiasme wali santri, dan lingkungan belajar yang menarik, sehingga menciptakan respon positif anak-anak dalam mengikuti kegiatan. Sedangkan faktor penghambat yang ditemui antara lain faktor cuaca, kurangnya pendamping, dan keterbatasan fasilitas. 3) Solusi yang direkomendasikan untuk mengatasi faktor penghambat diantaranya peningkatan infrastruktur, penambahan tenaga pengajar, kerja sama antar pemangku kepentingan, penjadwalan kegiatan lebih terstruktur, serta evaluasi berkala Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan dalam pengembangan strategi pendidikan akhlak untuk menciptakan generasi berkarakter mulia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syifaanddini, Shalihahssyifaanddini@gmail.com06020721063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@gmail.com2002027303
Subjects: Anak
Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Program 3M (Mondok Malam Minggu); akhlakul karimah; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shalihah Syifaanddini
Date Deposited: 13 Jan 2025 08:14
Last Modified: 13 Jan 2025 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75407

Actions (login required)

View Item View Item