This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Agustiningsih, Iis Rodiyah (2024) Efektivitas strategi point counter point dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran pai di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
I'is Rodiyah Agustiningsih_06020121045 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
I'is Rodiyah Agustiningsih_06020121045 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 February 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas strategi point counter point dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Peneliti mengkaji tiga permasalahan diantaranya: 1) Bagaimana implementasi strategi Point Counter Point dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo? 2) Bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI sebelum dan sesudah implementasi strategi Point Counter Point di SMA Negeri 3 Sidoarjo? 3) Bagaimana efektivitas strategi Point Counter Point dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo? Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah eksperimen kuantitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas XII di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 410 peserta didik yang tersebar dalam 9 kelompok kelas. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yang bertujuan untuk menentukan kelas yang akan dijadikan eksperimen dan kontrol. Hasil seleksi menunjukkan bahwa kelas XII F-7 dipilih sebagai kelas eksperimen, sementara kelas XII F-8 menjadi kelas kontrol. Setiap kelas beranggotakan 30 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan strategi independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan sebagai berikut: 1) Penerapan strategi point counter point dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo memperoleh skor 91,42%, yang masuk dalam kategori sangat baik karena berada di atas 90%. 2) Persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII pada kelas eksperimen sebelum penerapan strategi point counter point adalah 53,66%, yang tergolong dalam kategori cukup. Setelah strategi point counter point diterapkan, persentase kemampuan berpikir kritis meningkat menjadi 64,66%, yang termasuk dalam kategori baik. 3) Untuk mengukur efektivitas strategi point counter point dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, analisis dilakukan menggunakan independent sample t-test melalui SPSS for Windows versi 24. Berdasarkan hasil SPSS, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,01 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya, H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi point counter point efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Islam dan Ilmu Pengetahuan Pendidikan Islam Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Strategi Point Counter Point; KemampuanBerpikir Kritis; Pelajaran PAI | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Iis Rodiyah Agustiningsih | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2025 08:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2025 08:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |