Efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif practice rehearsal pairs dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PAI dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 35 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halimah, Shinta Nur (2024) Efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif practice rehearsal pairs dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PAI dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 35 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Nur Halimah_06020121069 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Shinta Nur Halimah_06020121069.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif Practice Rehearsal Pairs (PRP) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di kelas VII SMP Negeri 35 Surabaya. Observasi menunjukkan bahwa metode ceramah sering kali membuat peserta didik pasif, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih interaktif. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah. Peneliti mengkaji 3 rumusan masalah, sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan metode Practice Rehearsal Pairs di SMPN 35 Surabaya? 2. Bagaimana hasil belajar PAI dan Budi Pekerti tanpa menggunakan metode pembelajaran aktif Practice Rehearsal Pairs pada peserta didik kelas VII di SMPN 35 Surabaya? 3. Bagaimana efektivitas penerapan metode Practice Rehearsal Pairs dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII SMPN 35 Surabaya? Penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan kuantitatif melalui kuasi eksperimen, melibatkan kelompok eksperimen yang menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs (PRP) dan kelompok kontrol tanpa metode tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi untuk menganalisis proses pembelajaran, persepsi peserta didik, serta hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode PRP. Dokumentasi mendukung pengumpulan data tambahan seperti dokumen KOSP, hasil belajar, hasil uji analisis statistik menggunakan SPSS, hasil kuisioner dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Penerapan metode Practice Rehearsal Pairs (PRP) berhasil diterapkan dengan sangat baik, mencapai tingkat keterlaksanaan ≥ 90%, dan guru mampu memandu pembelajaran secara optimal, 2. Hasil pretest menunjukkan variasi nilai yang cukup luas di kedua kelas (kontrol dan eksperimen), dengan sebagian besar peserta didik mendapatkan nilai rendah hingga menengah. Skor tertinggi hanya mencapai 60-70, sementara skor terendah berada di angka 20-30, 3. Uji statistik independent sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, dengan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05, menegaskan bahwa metode PRP secara signifikan meningkatkan hasil belajar, rasa percaya diri, dan motivasi peserta didik. Metode PRP direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran aktif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halimah, Shinta Nurshintanur2402@gmail.com06020121069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Efektivitas; practice rehearsal pairs; hasil belajar; PAI; budi pekerti
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shinta Nur Halimah
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:01
Last Modified: 14 Jan 2025 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75422

Actions (login required)

View Item View Item