Gaya belajar siswa berprestasi tingkat nasional pada program pendampingan kompetisi sains madrasah: studi kasus di MIN 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Saskia Sadiva (2024) Gaya belajar siswa berprestasi tingkat nasional pada program pendampingan kompetisi sains madrasah: studi kasus di MIN 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saskia Sadiva Putri_06010721021 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (9MB)
[img] Text
Saskia Sadiva Putri_06010721021.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yakni kurangnya pemahaman mengenai pentingnya gaya belajar siswa. Permasalahan yang muncul yakni siswa belum menyadari gaya belajar dominan mereka pada saat proses pembelajaran, sedangkan permasalahan pada guru yakni tidak semua guru mampu memahami dan mengidentifikasi gaya belajar setiap individu siswa sehingga pembelajaran seringkali dilakukan secara terpusat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa berprestasi akademik tingkat nasional pada program pendampingan KSM, program pendampingan KSM di MIN 2 Mojokerto, dan metode yang digunakan pendamping KSM dalam memberikan pendampingan di MIN 2 Mojokerto yang didasarkan pada gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yang digunakan yakni pendamping KSM dan siswa berprestasi akademik tingkat nasional yang tergabung dalam program pendampingan KSM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa berprestasi akademik tingkat nasional di MIN 2 Mojokerto memiliki kombinasi gaya belajar visual, Auditori, dan kinestetik. Meskipun demikian, setiap siswa menunjukkan gaya belajar dominannya. Siswa berprestasi yang tergabung dalam program pendampingan menunjukkan gaya belajar sebanyak 26% visual, 44% Auditori, dan 30% kinestetik. 2) Program pendampingan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di MIN 2 Mojokerto dirancang untuk membantu siswa meraih hasil prestasi akademik yang maksimal, yang dilakukan secara intensif dua kali dalam satu minggu dengan bentuk program mencakup pembibitan siswa unggul, bimbingan intensif, latihan soal, tryout, dan penguatan mental. Program dilaksanakan dengan melibatkan madrasah, pendamping KSM, siswa terpilih, dan orang tua siswa terpilih. Progra, belum sepenuhnya dilakukan sesuai gaya belajar siswa. 3) Metode pembelajaran yang digunakan pendamping yakni ceramah, diskusi, dan drill. Metode pembelajaran yang digunakan pendamping, belum sepenuhnya mampu disesuaikan dengan gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa karena adanya tantangan keterbatasan waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Saskia Sadivaputrisadiva206@gmail.com06010721021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Motivasi Belajar
Minat Siswa
Psikologi Belajar
Keywords: Gaya belajar; siswa berprestasi akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saskia Sadiva Putri
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:32
Last Modified: 13 Jan 2025 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75429

Actions (login required)

View Item View Item