This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zabrina, Rahma (2024) Korelasi penerapan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & budi pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rahma Zabrina_06020121067 full.pdf Restricted to Repository staff only until 13 January 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text
Rahma Zabrina_06020121067.pdf Download (1MB) |
Abstract
Studi ini bertujuan guna mengetahui: (1) penggunaan paradigma pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) pada kelas VII Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 2 Waru. (2) Tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Waru pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter. (3) Hubungan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Waru dengan penggunaan paradigma pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter. Metode studi ini ialah field research dengan strategi kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi dalam studi ini ialah 344 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Waru dengan jumlah sampel minimal 10%. Dengan demikian, sampel yang dipilih ialah 60 siswa. Angket, pencatatan, dan observasi ialahmetode pengumpulan data yang digunakan. Uji validitas dan reliabilitas ialahsalah satu uji persiapan instrumen yang diperlukan. Uji normalitas ialahsalah satu uji yang diperlukan guna analisis. Uji korelasi dan signifikansi product moment ialahcontoh pengujian hipotesis. Studi ini menunjukkan bahwa: (1) Peserta kelas VII PAI & BP SMP Negeri 2 Waru memiliki penerapan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) yang sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata angket sebesar 79% yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) secara rata-rata, dengan 60 responden yang masuk dalam kelompok sangat baik. (2) Sebanyak 60 responden menilai kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII PAI & BP SMP Negeri 2 Waru sangat baik, yaitu mencapai 70%. (3) Temuan studi uji korelasi diperoleh r_hitung sebesar 0,671. Temuan studi menunjukkan bahwa r_(hitung )> r_tabel pada taraf signifikansi 1% dan 5%, yang berarti H_0 ditolak dan H"a" yang menyatakan bahwa terdapat korelasi antara penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP Negeri 2 Waru dapat diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran; Predict, Observe, and Explain (POE); berpikir kritis; Mata Pelajaran PAI | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rahma Zabrina | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:22 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |