This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ayatillah, M. Ishom Fahmi (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis artificial intelligence pada pembelajaran pai dan budi pekerti di SMP Negeri 22 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
M. Ishom Fahmi Ayatillah_06040121111.pdf Download (5MB) |
|
Text
M. Ishom Fahmi Ayatillah_06040121111_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 13 January 2028. Download (5MB) |
Abstract
M. Ishom Fahmi Ayatillah, 06040121111, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 22 Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing: Dr. Suparto, M. Pd. I dan Anis Sukmawati, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Perangkat yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan media dengan hasil validitas rata-rata ahli materi 87%, dan ahli media 55% menunjukkan kriteria kelayakan yang sangat baik. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.005 (p < 0.05) mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran berbasis AI efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AI dalam pembelajaran mampu menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, adaptif, dan relevan dengan kebutuhan siswa, sehingga memberikan dampak positif terhadap pemahaman materi. Analisis N-Gain menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki efektivitas kategori kurang efektif dengan nilai rata-rata 41,4%, tetapi tetap lebih baik dibandingkan kelas kontrol sebesar 23,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis AI mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, mempercepat pemahaman materi, serta menciptakan pengalaman belajar yang interaktif. Dengan demikian, perangkat ini memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran PAI yang inovatif dan efektif di era digital.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Tehnik Informatika |
||||||||||||
Keywords: | Artificial intelligence; perangkat pembelajaran; Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | M. Ishom Fahmi Ayatillah | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 02:35 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75474 |
Actions (login required)
View Item |