Pengaruh media pembelajaran exploding box pop-up 3d terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan pancasila peserta didik kelas 3 MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halmarina, Dewi (2024) Pengaruh media pembelajaran exploding box pop-up 3d terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan pancasila peserta didik kelas 3 MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halmarina Dewi_06020721040.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Halmarina Dewi_06020721040_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kendala utama adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dikarenakan guru selama pembelajaran cenderung tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Akibatnya, proses pembelajaran menjadi monoton, kurang menarik, dan peserta didik cenderung pasif selama kegiatan belajar mengajar. Hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar siswa dan berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Exploding Box Pop-Up 3D terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas 3 di MI Assa’adah Sukowati, Bungah, Gresik. Media ini dirancang untuk meningkatkan daya tarik dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode Quasi Experiment dengan desain Noneqivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik dengan kelas 3A sebagai kelai eksperimen dan kelas 3B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada peneitian ini menggunakan uji-t independent sample t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa yang menggunakan media Exploding Box Pop-Up 3D dibandingkan dengan kelompok kontrol. Yang dibuktikan dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen juga menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 89.44% sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat sebesar 73.53%. Dengan demikian, penggunaan media ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Hak dan Kewajiban di kelas III MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halmarina, Dewihalmarina34@gmail.com06020721040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com.2022077302
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Belajar
Pancasila
Keywords: Media pembelajaran exploding box pop-up 3D; hasil belajar; pendidikan Pancasila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Halmarina Dewi
Date Deposited: 13 Jan 2025 02:17
Last Modified: 13 Jan 2025 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75495

Actions (login required)

View Item View Item