Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi sumber energi listrik kelas V di MIN 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Negari, Beauty Dewi (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi sumber energi listrik kelas V di MIN 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Beauty Dewi Negari_06020721035 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Beauty Dewi Negari_06020721035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dikarenakan selama pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap pemahaman serta hasil belajarnya. Oleh karena itu diperlukan alternatif dalam pembelajaran, salah satunya menerapkan model pembelajaran project based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi sumber energi listrik kelas V di MIN 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dan desain penelitian nonequivalent control group. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Mojokerto dengan kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VD sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 55 siswa. Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata N-Gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 59,13 (sedang) > N-Gain kelas kontrol 31,98 (sedang). Nilai rata-rata posttest juga menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen (81,25) > rata-rata posttest kelas kontrol (66,85). Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi sumber energi listrik kelas V di MIN 2 Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Negari, Beauty Dewibeautydewi07@gmail.com06020721035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran project based learning; hasil belajar; IPAS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Beauty Dewi Negari
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:59
Last Modified: 13 Jan 2025 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75503

Actions (login required)

View Item View Item