Evaluasi ketersediaan fasilitas pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Muhammadiyah 1&2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Aisyah (2024) Evaluasi ketersediaan fasilitas pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Muhammadiyah 1&2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Rahmawati_06040721083 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aisyah Rahmawati_06040721083 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (8MB)

Abstract

Fasilitas merupakan aspek yang sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal serta mendukung perkembangan akademis dan sosial siswa, untuk mengetahui seberapa layak fasilitas pendidikan terutama bagi ABK, maka perlu dilakukan evaluasi. Berdasarkan hasil observasi kondisi fasilitas pendidikan bagi ABK di SD Muhammadiyah 1&2 Taman Sidoarjo masih kurang, seperti Belum tersedia toilet khusus disabilitas, kurangnya jalur khusus, seperti ramp atau lift bagi ABK, belum tersedia alat bantu jalan, seperti kursi roda dan tongkat bagi ABK, serta belum ada evaluasi terkait ketersediaan fasilitas pendidikan bagi ABK, sehingga belum ada kepastian mengenai sejauh mana kondisi penyediaan fasilitas pendidikan bagi ABK yang telah dicapai dan aspek mana yang perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kondisi ketersediaan fasilitas pendidikan yang disediakan untuk ABK dan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan fasilitas pendidikan bagi ABK di SD Muhammadiyah 1&2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis model evaluasi descrepancy. Penelitian ini melibatkan wakil kepala sarana dan prasarana, dan koordinator Guru Pendamping Khusus (GPK). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Teknik ini melibatkan pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber, teknik, dan juga waktu untuk meningkatkan validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan fasilitas pendidikan bagi ABK di SD Muhammadiyah 1&2 Taman Sidoarjo telah cukup baik dengan penerapan kurikulum adaptif, kehadiran GPK, jalur khusus berupa ramp, media pembelajaran sensorik seperti plastisin, playdough, dan puzzle, serta layanan terapi seperti terapi Al-Qur'an, terapi klinis, dan terapi olah tubuh. Fasilitas ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif, motorik, sosial, serta kemandirian siswa ABK, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Namun, terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti ketiadaan alat bantu jalan, jalur khusus yang belum tersedia di kampus 1, toilet yang belum sesuai kebutuhan ABK, serta kurangnya evaluasi terhadap penyediaan fasilitas. Kekurangan ini menghambat terciptanya lingkungan belajar yang sepenuhnya aman, nyaman, dan kondusif bagi siswa ABK.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Aisyahwww.aisrahma@gmail.com06040721083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohmukhoiyaroh@uinsa.ac.id2009047302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsa.ac.id2008088301
Subjects: Muhammadiyah
Pendidikan
Pendidikan > Evaluasi
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Evaluasi; Pendidikan Inklusi; Fasilitas Pendidikan; Anak Berkebutuhan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ais Rahmawati
Date Deposited: 13 Jan 2025 04:30
Last Modified: 13 Jan 2025 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75514

Actions (login required)

View Item View Item