Analisis kreativitas kolektif siswa dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatikhasari, Dyana (2024) Analisis kreativitas kolektif siswa dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyana Fatikhasari_06020420025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (8MB)
[img] Text
Dyana Fatikhasari_06020420025.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kreativitas kolektif siswa dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan juga peran siswa. Hal ini didasarkan karena masih sedikit penelitian yang secara khusus meneliti bagaimana kreativitas kolektif muncul dalam tahap kontekstualisasi P5. Melalui aspek kreativitas kolektif (summing forces, expanding possibilities, divergent thinking, dan assembling) dapat diketahui kemunculan kreativitas kolektif dan melalui ciri-ciri peran individu, dapat diketahui peran setiap anggota (author, relayer, ghostee, dan spokesman) selama diskusi. Penelitian ini berjenis kualitatif dan dilaksanakan di SMAN 1 Geger TA. 2024/2025 semester I. Metode yang digunakan adalah observasi non-partisipan berulang dan wawancara 10 subjek penelitian yang dibagi menjadi dua kelompok. Subjek dipilih melalui purposive sampling berdasarkan nilai P5 sebelumnya dan rekomendasi guru P5. Teknik analisis data yang digunakan berbentuk deskriptif menggunakan model analisis kualitatif dari Miles & Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terlihat kelompok I dapat memunculkan seluruh aspek kreativitas kolektif (summing forces, expanding possibilities, divergent thinking (meliputi fluency, flexibility, insightfulness, dan originality), dan assembling). Sedangkan pada kelompok II terdapat satu indikator aspek divergent thinking yaitu originality dan aspek assembling yang tidak muncul. 2) Terlihat perbedaan antara peran individu pada kelompok I dan kelompok II. Pada kelompok I, terdapat dua subjek berperan sebagai author, dua subjek sebagai relayer, dan satu subjek sebagai ghostee, sedangkan pada kelompok II terdapat empat subjek sebagai relayer dan satu subjek sebagai author. Hal ini berpengaruh pada ide-ide yang dihasilkan, dimana ide-ide pada kelompok I lebih beragam dan inovatif dibandingkan dengan kelompok II

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatikhasari, Dyanadyanafa.29@gmail.com06020420025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah.uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Keterampilan
Matematika
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Kreativitas kolektif; peran siswa; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DYANA FATIKHASARI
Date Deposited: 13 Jan 2025 08:24
Last Modified: 13 Jan 2025 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75560

Actions (login required)

View Item View Item