This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Damayanti, Fina Alfiana (2025) Upaya guru dalam meningkatkan kejujuran akademik siswa di kelas III MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fina Alfiana Damayanti_06020721037 OK.pdf Download (3MB) |
|
Text
Fina Alfiana Damayanti_06020721037 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, ketika ujian berlangsung banyak siswa yang bertanya jawaban pada temannya, menoleh ke belakang, berdiskusi, dan berusaha membuka buku untuk menjawab pertanyaan ujian. Tugas yang dikerjakan siswa di rumah cenderung memiliki nilai yang tinggi, tetapi ketika tugas yang diberikan dikerjakan di sekolah secara langsung, nilai yang diperoleh siswa menunjukkan penurunan yang signifikan.Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, bagaimana tingkat kejujuran akademik siswa dalam pembelajaran kelas III MIN 1 Sidoarjo?, kedua, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kejujuran akademik siswa kelas III MIN 1 Sidoarjo?, ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam upaya meningkatkan kejujuran akademik siswa kelas III MIN 1 Sidoarjo?.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat kejujuran siswa di kelas III MIN 1 Sidoarjo dinilai baik dengan perolehan nilai 76,28 pada setiap individu dan cukup dengan nilai 63,25 jika dinilai oleh teman sejawat melalui angket. 2) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kejujuran akademik pada siswa seperti memberikan keteladan dengan menjadi role model bagi siswa, memberikan nasihat dengan menggunakan diskusi, cerita, dan film, membiasakan berperilaku jujur, serta memberikan perhatian. 3) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan kejujuran seperti lingkungan madrasah yang Islami, peran keluarga yang memberikan dukungan, dan juga fasilitas belajar yang memadai, akan tetapi selain pendukung juga terdapat faktor penghambat guru dalam meningkatkan kejujuran akademik siswa kelas III MIN 1 Sidoarjo seperti pengaruh teman sebaya, rendahnya kepercayaan diri siswa, dan juga keterbatasan waktu pembelajaran yang mengurangi kesempatan guru untuk memberikan pembinaan karakter yang lebih dalam.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Peran Guru Pendidikan > Pendidikan - Karakter Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | upaya guru; kejujuran akademik siswa; madrasah ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Fina Alfiana Damayanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 03:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 03:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75572 |
Actions (login required)
View Item |