This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmah, Azizatur (2024) Implementasi living values education melalui materi akidah akhlak untuk membentuk perilaku sopan santun peserta didik kelas III B di MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Azizatur Rahmah_06040721090 OK.pdf Download (4MB) |
|
Text
Azizatur Rahmah_06040721090 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi living values education melalui materi akidah akhlak untuk membentuk perilaku sopan santun peserta didik kelas III B di MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru menerapkan living values education dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam menerapkan living values education melalui materi akidah akhlak untuk membentuk perilaku sopan santun peserta didik di MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, untuk memahami fenomena, mendeskripsikan, serta menganalisis masalah yang diteliti sehingga dapat menemukan jawaban dari subjek penelitian dan juga fakta yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta untuk menjaga keaslian data dengan menggunakan tringulasi teknik dan tringulasi sumber. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan living values education melalui materi akidah akhlak dilakukan guru dengan cara (a) melakukan kegiatan pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun), (b) memberi teladan yang baik kepada peserta didik, (c) menyajikan tontonan berupa kisah-kisah inspirasi dan kisah teladan anak sholeh, (d) memberikan motivasi kepada peserta didik terkait dengan nilai-nilai kehidupan, dan (e) membentuk kerjasama yang baik antar guru dan orang tua dalam mengawasi perilaku peserta didik saat berada dirumah. 2) Faktor pendukung proses implementasi living values education melalui materi akidah akhlak diantaranya, (a) lingkungan sekitar peserta didik, (b) pengaruh positif dari teman sebaya, dan (c) keterlibatan serta kepedulian orang tua. Sedangkan faktor penghambat proses implementasi living values education melalui materi akidah akhlak diantaranya, (a) setiap peserta didik memiliki karakter yang berbeda, dan (b) kurangnya perhatian yang diberikan oleh orang tua terkait pemakaian gadget saat dirumah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Akhlak Adab Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi; living values education; akidah akhlak; perilaku sopan santun | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Azizatur Rahmah | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 03:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 03:37 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75574 |
Actions (login required)
View Item |