This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jadidah, Dela Malyha Al (2025) Peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung mata pelajaran al qur’an hadis melalui media audio visual pada siswa kelas II MI Salafiyah Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dela Malyha Al Jadidah_06040721092.pdf Download (4MB) |
|
Text
Dela Malyha Al Jadidah_06040721092_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2028. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti pada guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis kelas II MI Salafiyah Tuban menunjukkan bahwa guru menggunakan metode langsung sehingga sebagian siswa masih rendah dalam keterampilan menulisnya. Hal ini dapat dilihat dari hasilpra-siklus yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa dari24 siswa 41,6% siswa yang keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, upaya peneliti melakukan perbaikan dengan melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan metode imla’. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Audio Visual dalam peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah secara bersambung mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas II MI Salafiyah kabupaten Tuban?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis setelah menggunakan metode Audio Visual pada siswa kelas II MI Salafiyah kabupaten Tuban?.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, penilaian tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas, penerapan metode imla’ dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung diperoleh hasil observasi guru pada siklus I yaitu 75,20 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 88,70 dengan kriteria baik. dan hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 71,15 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 84,61 dengan kriteria baik. adapun nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 69,16 meningkat menjadi 80,41 pada siklus II dengan kriteria baik. serta persentase ketuntasan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung pada siklus I 62,5% meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Al Qur'an > Amsal - al Quran Al Qur'an Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||||||||
Keywords: | Al Qur’an hadits | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dela Malyha Al Jadidah | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 06:28 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75596 |
Actions (login required)
View Item |