Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) berbasis pembelajaran berdiferensiasi aspek proses terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Annisa (2024) Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) berbasis pembelajaran berdiferensiasi aspek proses terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Aulia_06020121034.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Annisa Aulia_06020121034_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Bagaimana penerapan model PBL (Problem Based Learning) yang berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada aspek proses dalam mata pelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 3 Sidoarjo, 2) Perbandingan rata-rata hasil belajar peserta didik antara penggunaan model PBL (Problem Based Learning) berbasis pembelajaran berdiferensiasi aspek proses dengan penggunaan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan 3) Pengaruh penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbasis pembelajaran berdiferensiasi aspek proses terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest and posttest with non-equivalent control group. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni sampel yang ditentukan berdasarkan karakteristik tertentu, seperti tingkat homogenitas hasil belajar kognitif peserta didik yang cenderung rendah dengan tujuan untuk memperoleh data yang lebih valid. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan pendekatan statistik, yang mencakup analisis deskriptif dan analisis parametrik. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa: 1) Penerapan model PBL (Problem Based Learning) yang dikombinasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi aspek proses dalam mata pelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 3 Sidoarjo terlaksana dengan baik yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil observasi sebesar 3,157. 2) Terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan melalui hasil uji independent sample t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 < dari nilai alpha 0,05, dan 3) Penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbasis pembelajaran berdiferensiasi aspek proses memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 3 Sidoarjo sebesar 48,9%, sebagaimana dibuktikan oleh hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai Sig. 0,000 < dari alpha 0,05 dan nilai R Square 0,489.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Annisaannisaaulia2302@gmail.com06020121034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsa.ac.id2011077202
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Model PBL (Problem Based Learning); pembelajaran berdiferensiasi aspek proses; hasil belajar peserta didik; mata pelajaran PAI dan BP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Aulia Annisa
Date Deposited: 17 Jan 2025 03:12
Last Modified: 17 Jan 2025 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75619

Actions (login required)

View Item View Item