Eksplorasi pengalaman belajar siswa menggunakan media augmented reality untuk pembelajaran IPA materi organ pernafasan manusia di MI Darun Najah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainur, Rahmah (2025) Eksplorasi pengalaman belajar siswa menggunakan media augmented reality untuk pembelajaran IPA materi organ pernafasan manusia di MI Darun Najah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rahmah_06040721081 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Ainur Rahmah_06040721081.pdf

Download (722kB)

Abstract

Penggunaan teknologi media Augmented Reality penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian di MI Darun Najah Sidoarjo ini mengeksplorasi pengalaman siswa saat menggunakan media Augmented Reality untuk mempelajari organ pernapasan manusia pada pelajaran IPA. Hasil wawancara dengan guru menunjukkan bahwa guru belom menerapkan media Augmented Reality pada ssat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengidentifikasi pengalaman belajar siswa saat menggunakan media Augmented Reality pada pembelajara IPA materi organ pernafasan di MI Darun Najah sidoarjo. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, penelitian ini menemukan bahwa pengalaman menggunakan media Augmented Reality membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Pendekatan fenomenologi dipilih untuk mengeksplorasi pengalaman subjektif siswa dalam berinteraksi dengan teknologi Augmented Reality dan untuk memahami bagaimana media ini mempengaruhi pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan media Augmented Reality terbukti dalam meningkatkan keterlibatan, pemahaman, motivasi, dan interaksi siswa selama pembelajaran. Namun, diperlukan pendampingan tambahan agar siswa dapat lebih percaya diri dan mandiri dalam memanfaatkan teknologi ini. Dari pengalaman yang di ceritakan juga Siswa merasa bahwa media Augmented Reality memberikan pengalaman belajar yang unik dan menyenangkan, seolah-olah mereka "masuk" ke dalam tubuh manusia untuk memahami cara kerja organ pernapasan. Hal ini memperkaya pengalaman belajar mereka, menjadikannya lebih mendalam dan bermakna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainur, Rahmahinurrohmah82@gmail.com06040721081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNur, Wakhidahnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorRaden, Syaifuddinsyaifuddinraden450@gmaol.com2007047501
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Teknologi
Keywords: Pengalama belajar; media augmented reality; organ pernafasan manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainur Rahmah
Date Deposited: 15 Jan 2025 06:22
Last Modified: 15 Jan 2025 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75640

Actions (login required)

View Item View Item