Pengaruh ekstrakurikuler Pramuka tingkat Penggalang dalam pengembangan self confidence peserta didik kelas VI di MI Tarbiyatul Muta'allimin Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholiha, Arida Faizhatus (2024) Pengaruh ekstrakurikuler Pramuka tingkat Penggalang dalam pengembangan self confidence peserta didik kelas VI di MI Tarbiyatul Muta'allimin Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arida Faizhatus Sholiha_06030721071 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2028.

Download (7MB)
[img] Text
Arida Faizhatus Sholiha_06030721071.pdf

Download (976kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respon terhadap kurangnya minat peserta didik mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Masih terlihat kurangnya rasa percaya diri peserta didik dalam mempresentasikan hasil belajar dan mengemukakan pendapat. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi partisipasi peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka memiliki pengaruh terhadap pengembangan self confidence. Tujuan penelitian ini untuk menilai pengaruh ekstrakurikuler Pramuka terhadap pengembangan self confidence peserta didik kelas VI di MI Tarbiyatul Muta’allimin Menganti Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto dan metode survei. Fokus penelitian ini untuk mengukur pengaruh ekstrakurikuler Pramuka terhadap pengembangan self confidence peserta didik. Sampel terdiri dari 41 peserta didik, dengan teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan uji normalitas, uji linearitas, uji homoginitas, serta uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ekstrakurikuler Pramuka dalam pengembangan self confidence peserta didik di MI Tarbiyatul Muta’allimin Menganti Gresik, dengan dibuktikan melalui uji regresi linier sederhana signifikansi sebesar 0,020 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (H_1) dinyatakan diterima. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pembina Pramuka untuk meningkatkan efektivitas ekstrakurikuler Pramuka yang tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga dampak positif pada self confidence peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholiha, Arida Faizhatusaridafaizha@gmail.com06030721071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uisnby.ac.id2128058301
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Subjects: Bimbingan
Kecakapan
Kepribadian
Keywords: Esktrakurikuler; Pramuka; self confidence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arida Faizhatus Sholiha
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:27
Last Modified: 15 Jan 2025 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75669

Actions (login required)

View Item View Item