Manajemen program bina diri siswa autis dalam meningkatkan life skill siswa autis di SLB Nur Rahmah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminatuzzahwa, Silvy (2025) Manajemen program bina diri siswa autis dalam meningkatkan life skill siswa autis di SLB Nur Rahmah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvy Aminatuzzahwa_06020320051 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2028.

Download (2MB)
[img] Text
Silvy Aminatuzzahwa_06020320051.pdf

Download (783kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen program bina diri siswa autis dalam meningkatkan life skill siswa autis di SLB Nur Rahmah Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen program bina diri dalam meningkatkan life skill siswa autis di SLB Nur Rahmah Sidoarjo, proses peningkatan life skill siswa autis di Slb Nur Rahmah Sidoarjo, dan dampak program bina diri dalam meningkatkan life skill siswa autis di Slb Nur Rahmah Sidoarjo. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian diperoleh menyatakan bahwa: (1) manajemen program bina diri dalam meningkatkan life skill siswa autis di SLB Nur Rahmah Sidoarjo melalui 3 proses. Pertama, perencanaan yang dilaksanakan dengan melakukan penentuan guru khusus bina diri siswa autis, penyelenggaraan tes asesmen, perencanaan materi kegiatan program bina diri siswa autis, perencanaan waktu pelaksanaan kegiatan program bina diri siswa autis. Kedua, pelaksanaan yang dilaksanakan dengan melakukan pemberian instruksi kepada orang tua untuk membawa peralatan yang dibutuhkan, penjelasan fungsi setiap barang, demonstrasi cara program bina diri dilaksanakan, yang terakhir yakni proses pengajaran dengan instruksi yang berulang. Ketiga, yakni pengawasan dan evaluasi dilakukan melalui beberapa tahap yakni, pengawasan dan evaluasi oleh kepala sekolah kepada guru dalam hal ini pengawasan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, evaluasi/penilaiannya dilakukan melalui platform merdeka belajar, dan pengawasan dan penilaian oleh guru kepada siswa yang dilaksanakan orangtua. (2) Proses peningkatan life skill siswa autis di SLB Nur Rahmah Sidoarjo, terdapat delapan life skill yang diajarkan yakni keterampilan kebersihan diri, keterampilan berpakaian, keterampilan organisasi, keterampilan komunikasi, menghadapi emosi, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan mengatur waktu, dan keterampilan sosial. (3) Dampak program bina diri siswa autis dalam meningkatkan life skill siswa autis di SLB Nur Rahmah menunjukkan bahwa program bina diri dapat meningkatkan life skill siswa autis dalam hal keterampilan kebersihan diri keterampilan berpakaian, keterampilan berorganisasi, keterampilan komunikasi, keterampilan mengelola emosi, keterampilan sosial, keterampilan memecahan masalah, dan keterampilan manajemen waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminatuzzahwa, Silvyaminatuzzahwa@gmail.com06020320051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Manajemen Kelas
Keywords: Manajemen; bina diri; life skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Silvy Aminatuzzahwa
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:14
Last Modified: 16 Jan 2025 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75683

Actions (login required)

View Item View Item