Pengembangan e-book increasys(interactive creative thinking excretory system) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik di kelas VIII UPT SMPN 10 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najichah, Zuhrotun (2025) Pengembangan e-book increasys(interactive creative thinking excretory system) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik di kelas VIII UPT SMPN 10 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuhrotun Najichah_06041021061.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Zuhrotun Najichah_06041021061_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2028.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif sebagai tuntutan kurikulum merdeka yang menerapkan keterampilan abad 21. Pembelajaran pada kurikulum merdeka juga mengolaborasikan media berbasis digital. Hasil studi awal di UPT SMPN 10 Gresik menunjukkan bahwa media pembelajaran digital belum dimanfaatkan secara optimal. Selain itu, keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih tergolong rendah mencapai 53%. Media E-Book INCREASYS (Interactive Creative Thinking Excretory System) diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) kevalidan, (2) kepraktisan, (3) keefektifan media E-Book INCREASYS (Interactive Creative Thinking Excretory System) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Media diuji dengan validitas konstruk oleh ahli media, ahli materi, dan ahli soal keterampilan berpikir kreatif. Kepraktisan media diuji secara teori oleh ahli praktisi dan secara praktek oleh peserta didik baik kelompok kecil maupun kelompok besar. Efektivitas media diukur melalui uji coba kelompok besar yang melibatkan 30 peserta didik kelas VIII UPT SMPN 10 Gresik. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji N-Gain. Hasil pengembangan E-Book INCREASYS (Interactive Creative Thinking Excretory System) dinyatakan dalam kategori “valid” berdasarkan validasi ahli media sebesar 80, ahli materi sebesar 98 dengan kategori “sangat valid”, dan ahli soal keterampilan berpikir kreatif sebesar 97 berkategori “sangat valid”. Kepraktisan media dinyatakan dalam kategori “sangat praktis” secara teori yang diperoleh nilai 91. Secara praktek berkategori “sangat praktis” dengan nilai 99 pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan nilai sebesar 89. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar <0,001 yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test. Sementara, N-Gain score memperoleh nilai rata-rata 0,6 pada setiap peserta didik dengan kategori sedang dan tiap indikator memperoleh nilai ≥ 0,3 berkategori sedang, sehingga E-Book INCREASYS (Interactive Creative Thinking Excretory System) efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najichah, Zuhrotunzn.cha42@gmail.com06041021061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id2004117403
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Media; e-book interaktif; keterampilan berpikir kreatif; sistem ekskresi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with email zncha.42@gmail.com
Date Deposited: 15 Jan 2025 06:22
Last Modified: 15 Jan 2025 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75752

Actions (login required)

View Item View Item