This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ariq, Ikbar (2024) Youtube as a learning media to teach narrative text: a case study as SD Muhammadiyah kompleks Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ikbar Ariq_D95218073 full.pdf Restricted to Repository staff only until 16 January 2028. Download (2MB) |
|
Text
Ikbar Ariq_D95218073.pdf Download (2MB) |
Abstract
Generasi pelajar saat ini adalah generasi modern, mereka selalu menggunakan berbagai teknologi dalam kegiatan mereka. Karena itulah guru bisa memanfaatkan teknologi modern seperti video YouTube menjadi media belajar agar para murid bisa memahami pelajaran dengan lebih mudah, dan salah satunya adalah pelajaran mengenai Narrative text dari pelajaran bahasa Inggris. Dengan begitu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru menggunakan media video YouTube untuk mengajar narrative text kepada murid SD, dan juga untuk mengetahui bagaimana opini para siswa terhadap penggunan media YouTube sebagai media belajar untuk mempelajari pelajaran narrative text. Penelitian yang diadakan di SD Muhammadiyah Kompleks Gresik ini bersifat kualitatif. Lalu subjek penelitian ini adalah 7 guru bahasa Inggris dari sekolah tersebut dan para murid dari tingkat kelas 4-6. Kemudian, peneliti megumpulkan data yang dibutuhkan menggunakan 2 cara, yaitu interview untuk mendapatkan data dari guru, dan kuisoner untuk mendapatkan data dari para siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika guru hendak mengajarkan teks Narasi menggunakan media video YouTube, guru akan melakukan kegiatan brainstorming sebelum memutar video YouTube agar siswa mengetahui apa yang akan dipelajari, setelah itu guru juga akan memberikan semacam tugas setelah siswa selesai memutar video YouTube untuk menguji tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran teks Narasi yang disampaikan melalui video YouTube. Selain itu, hasil penelitian juga mengidentifikasi bahwa sebagian besar siswa beranggapan bahwa YouTube sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat mereka dalam mempelajari teks naratif, karena mereka merasakan beberapa keuntungan yang dapat diperoleh ketika mereka belajar menggunakan video YouTube seperti mengetahui kata-kata baru, meskipun ada juga beberapa siswa yang justru merasakan beberapa kendala ketika menggunakan video YouTube seperti durasi video yang terlalu panjang. Dengan hasil penelitian ini, beberapa signifikansi penelitian telah terpenuhi, dimana guru dapat mulai memanfaatkan media modern seperti YouTube dan siswa juga dapat memiliki pengalaman dalam menggunakan media modern.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Inggris Motivasi Belajar Media Sosial |
||||||||||||
Keywords: | Media pembelajaran; YouTube; teks naratif; opini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||||||||
Depositing User: | ikbar ariq | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75795 |
Actions (login required)
View Item |