فعالية استخدام وسائط البودكاست بلعب الأوامر الشرطية لترقية مهارة الاستماع و الكلام لدى طلاب الصف الثاني عشر في المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية بسورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qamariyah, Via Nuril (2025) فعالية استخدام وسائط البودكاست بلعب الأوامر الشرطية لترقية مهارة الاستماع و الكلام لدى طلاب الصف الثاني عشر في المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية بسورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Via Nuril Qamariyah_06020221062 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Via Nuril Qamariyah_06020221062 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2028.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah a) menganalisis keterampilan mendengarkan dan berbicara kelas siswa XII MAN Surabaya, b) menguraikan penerapan media podcast dengan permainan perintah bersyarat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara kelas siswa XII MAN Surabaya, c) mendeskripsikan maharah istima' dan kalam siswa kelas XII MAN Surabaya setelah penerapan media podcast dengan permainan perintah bersyarat. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun metode dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan teknik analisis presentase dan uji-t. Hasil yang diperoleh dari penelitian diantaranya; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media podcast dan permainan perintah bersyarat secara signifikan meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Pada keterampilan mendengarkan, nilai rata-rata kelompok eksperimen meningkat dari 67,93 menjadi 81,09, sementara kelompok kontrol meningkat dari 65,34 menjadi 72,69. Peningkatan signifikan juga terjadi pada keterampilan berbicara, dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen naik dari 79,50 menjadi 94,53, dan kelompok kontrol dari 77,24 menjadi 87,96. Uji independent sample t-test membuktikan perbedaan signifikan secara statistik antara peningkatan kedua kelompok (p<0,05), menegaskan efektivitas kombinasi media podcast dan permainan perintah bersyarat dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qamariyah, Via Nurilvianuril2003@gmail.com06020221062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Thesis advisorJunaedi, Janaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Maharah istima' wal kalam; podcast; permainan perintah bersyarat.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Via Nuril Qamariyah
Date Deposited: 17 Jan 2025 02:08
Last Modified: 17 Jan 2025 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75878

Actions (login required)

View Item View Item