Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman IPA pada siswa kelas VI MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Miftakhur (2024) Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman IPA pada siswa kelas VI MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhur Rosyida_D97218098 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Miftakhur Rosyida_D97218098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari alam semesta dan isinya serta peristiwa-peristiwa yang terjadi didalamnya. Tujuan pembelajaran IPA di SD/MI adalah agar peserta didik mampu memahami dan mengembangkan pengetahuannya mengenai konsep-konsep IPA yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo bahwa siswa jenuh dengan materi pelajaran yang disampaikan dengan menggunakan metode konvensional. Selain itu, ketika guru mengajar dengan menggunakan metode konvensional siswa terlihat mengantuk saat mendengarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran Audio Visual ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman IPA pada siswa kelas VI MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode penelitiannya Pre Experiment dengan desain one group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VI MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Sampel yang dijadikan sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada peneitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pretest sebelum diberi perlakuan sebesar 60,16, sedangkan nilai rata-rata hasil posttest setelah diberi perlakuan sebesar 78,84. Hasil uji-t diperoleh dari nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman IPA peserta didik kelas VI pada materi PLTA sebelum dan setelah diberi perlakuan penggunaan media pembelajaran audio visual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual efektif terhadap pemahaman IPA pada siswa Kelas VI MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Miftakhurmiftakhurrosyida296@gmail.comD97218098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media pembelajaran audio visual; pemahaman IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftakhur Rosyida
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:21
Last Modified: 20 Jan 2025 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75986

Actions (login required)

View Item View Item