Strategi kepala madrasah dalam peningkatan partisipasi orang tua untuk pencapaian prestasi akademik siswa di MA Bi'rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Dinda Shafira (2025) Strategi kepala madrasah dalam peningkatan partisipasi orang tua untuk pencapaian prestasi akademik siswa di MA Bi'rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Shafira Nabila_06040321071 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dinda Shafira Nabila_06040321071 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Strategi Kepala MadrasahDalam Peningkatan Partisipasi Orang Tua untuk Pencapain Prestasi Akademik siswa di MA Bi’rul Ulum gemurung Gedangan Sidoarjo. Strategi kepala madrasah merupakan proses penyusunan rencana yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam jangka waktu yang panjang. Dalam pengambilan keputusan dan perumusan kepala madrasah harus menjalankan perannya sebagai pengambilan keputusan terkait visi misi yang akan dilakukan selama jangka waktu yang ditentukan. Partisipasi orang tua untuk peningkatan prestasi akademik siswa merupakan keterlibatan orang tua dalam kehidupan akademik anak memberikan dukungan emosional yang kuat. Siswa yang merasa didukung secara emosional oleh orang tuanya cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, yang dapat berpengaruh langsung terhadap performa mereka di madrasah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskritif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, wali kelas, guru mata pelajaran, wali murid dan siswa. Strategi kepala sekolah dala membangun visi dan misi terkait prestasi akademik siswa melibatkan orang tua karena siswa perlu ada pengawasan disekolah dan dirumah terkait aktivitas yang di lakukan. Orang tua juga cukup adil dalam pencapain prestasi akademik siswa dengan cara mendukung serta mengawasi aktivitas anak dirumah sedangkan kepala sekolah dan guru memantau belajar dan sikap anak di sekolah. Hasil temuan penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Strategi kepala madrasah di MA Bi'rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo bertumpu pada pendekatan kolaboratif, inovatif, dan berbasis nilai agama. Dengan mengutamakan keterlibatan orang tua, penguatan kualitas guru, dan integrasi teknologi, kepala madrasah berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. (2) Peningkatan Partisipasi Orang Tua Untuk Pencapaian Prestasi Akademik Siswa dalam membangun budaya belajar dirumah pastinya guru memberikan PR terhadap siswa dan juga wali kelas selalu menginformasikan atau mengingatkan kembali kepada orang tua terkait tugas yang diberikan di madrasah MA Bi'rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo. Penerapan belajar yang sudah dilatih oleh orang tua kepada siswa dari kecil membuat siswa terbiasa belajar di rumah sesuai dengan jam yang telah di terapkan oleh orang tua. (3) Strategi kepala madrasah dalam peningkatan partisipasi orang tua untuk pencapaian prestasi akademik siswa di MA Bi'rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo dengan memanfaatkan berbagai taktik dan metode yang direncanakan untuk mengubah keadaan saat ini agar sesuai dengan harapan atau tujuan yang telah ditetapkan. Strategi menjadi faktor kunci dalam kesuksesan pencapaian tujuan lembaga pendidikan, di mana keberhasilan atau kegagalan lembaga tersebut sangat bergantung pada strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitasnya. (4) faktor pendukung di MA Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo memberikan kepada siswa yang berprestasi akademik maupun non akademik reward berupa beasiswa spp gratis lama dua bulan maupun uang tunai yang jumlahnya berbeda-beda dilihat dari segi lomba yang diikuti, kemudian kepala madrasah MA Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo. Adapun faktor penghambat yaitu dana optional siswa memiliki beragam lomba yang ingin diikuti namun dana dari madrasah yang tidak terlalu mendukung akibatnya madrasah ingin bekerja sama bersama orang tua terkait bagaimana siswa tersebut agar bisa mengikuti lomba yang ingin diikuti, apabila dana yang melibatkan madrasah sepenuhnya madrasah keberatan maka dari itu madrasah membagi bersama orang tua apakah orang tua sanggup atau tidak. Ada juga orang tua yang dalam kondisi faktor kurang mampu yang membuat siswa tersebut tidak jadi mengikuti lomba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Dinda Shafiradinshfrnbl3@gmail.com06040321071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, MukhlishahMukhlishah@uinsa.ac.id2005056801
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsa.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi Kepala Madrasah; Partisipasi Orang Tua; Prestasi Akademik Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dinda Shafira Nabila
Date Deposited: 17 Jan 2025 05:01
Last Modified: 17 Jan 2025 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76063

Actions (login required)

View Item View Item