فعالية تطبيق خدمة تعلم التمايز بأساس العملية على الطريقة “Fun Arabic Teaching With Song” لترقية مهارة الاستماع والكلام لدى طلاب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, An Nisa (2025) فعالية تطبيق خدمة تعلم التمايز بأساس العملية على الطريقة “Fun Arabic Teaching With Song” لترقية مهارة الاستماع والكلام لدى طلاب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
An Nisa Rahma_06010221004.pdf

Download (2MB)
[img] Text
An Nisa Rahma_06010221004_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi layanan diferensiasi berbasis proses melalui "Fun Arabic Teaching with Song" dalam meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya. Layanan diferensiasi berbasis proses ini dirancang untuk menyesuaikan pengajaran dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa yang beragam, dengan memanfaatkan lagu sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya yang berjumlah 332 siswa dengan rincian 11 kelas, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII-D Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan uji statistik dengan pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan mendengar dan berbicara serta observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t untuk membandingkan perbedaan rata-rata skor sebelum dan sesudah implementasi metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan "Fun Arabic Teaching with Song" dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa. Hal ini tercermin dari perbedaan skor yang signifikan antara pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Hasil t_0 keterampilan mendengar yaitu 7,98 dan t_0 keterampilan berbicara yaitu 16,39. Sedangkan hasil tt 5% adalah 1,699 dan tt 1% adalah 2,462. Maka dari itu t_0 lebih besar dari tt (1,699<7,98>2<462(keterampilan mendengar)) (1,699<16,39>2<462( keterampilan berbicara)). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih menarik dan efektif di tingkat Madrasah Tsanawiyah, khususnya dalam meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, An NisaRahmaannisa44266@gmail.com06010221004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsa.ac.id; umihanifah78@yahoo.com2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Guru
Pendidikan
Keywords: Layanan diferensiasi; diferensiasi proses; fun Arabic teaching with song; keterampilan mendengar; keterampilan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: An Nisa Rahma
Date Deposited: 21 Jan 2025 03:49
Last Modified: 21 Jan 2025 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76133

Actions (login required)

View Item View Item