This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Kholidiyah Zahro Aisyah (2024) Perubahan perilaku sosial dalam penggunaan Gadget pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Kholidiyah Zahro Aisyah Putri_10020320046 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Kholidiyah Zahro Aisyah Putri_10020320046 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 20 January 2028. Download (2MB) |
Abstract
Hal ini mengkaji mengenai secara umum mahasiswa mempunyai gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari gadget yang menyebabkan mahasiswa terjadinya perubahan perilaku sosial. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi pemasalahan yang disebabkan di perubahan perilaku sosial dalam penggunaan gadget pada Mahasiswa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan studi fenomenologi melaui observasi, wawancara, dan literatur. Informan yang akan menjadi narasumber di penelitian ini ialah Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. serta menganalisis penelitian menggunakan teori yang relevan yakni Teori Interaksionisme Simbolik George Herbert Mead, teori ini tidak sendiri, terdapat Teori Pilihan Rasional James S. Coleman yang bisa memperkuat mengenai penelitian ini tentang Perubahan Perilaku Sosial dalam Penggunaan Gadget. Hasil penelitian menemukan bahwa perubahan perilaku sosial oleh Mahasiswa dalam menggunakan gadget, memiliki dampak pada (1) Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Perubahan Perilaku Sosial Dalam Penggunaan Gadget Pada Mahasiswa UINSA Sebagai berikut: yang Pertama, adanya Faktor Internal yang berupa Keinginan Untuk Terhubung Dengan Teman Dan Keluarga, Kebutuhan Untuk Memperoleh Informasi Dan Pengetahuan, serta Keinginan Pribadi Atau Psikologis Sebagai Kebutuhan Akan Hiburan Dan Pengalihan. Yang Kedua, adanya Faktor Eksternal yang berupa Pengaruh Gaya Hidup Dan Value Yang Dianut Oleh Grup Sebaya, serta Pengaruh Media Sosial Dan Platform Digital Pada Perubahan Perilaku Sosial. (2) Dampak Pada Perubahan Perilaku Sosial Dalam Penggunaan Gadget Tersebut Pada Kehidupan Mahasiswa UINSA, Sebagai berikut: adanya Dampak Negatif yang Pertama, berupa Mengurangi Produktivitas, Yang Kedua, gangguan Interaksi Sosial, dan Ketiga, Mengurangi Kesehatan Mental dan Emosional. Hingga Penggunaan gadget dapat membuat kelelahan dan kurangnya energi untuk melakukan kegiatan belajar yang memerlukan konsentrasi dan fokus.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Sosiologi | ||||||||
Keywords: | Perubahan Perilaku Sosial; penggunaan gadget | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||||
Depositing User: | Kholidiyah Zahro Aisyah Putri | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 05:23 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 05:23 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76146 |
Actions (login required)
View Item |