This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Silvana, Priska Surya (2025) Implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam membentuk perilaku sopan santun peserta Didik di MI Roudlotul Banat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Priska Surya Silvana_D07219026 OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Priska Surya Silvana_D07219026 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran aqidah akhlak merupakan sebuah landasan awal dari penerapan keyakinan peserta didik dalam mencapai sistem pendidikan nasional. Adanya pendidikan akhlak di sekolah juga menjadi salah satu faktor yang dapat menjadi pengaruh tertentu pada perilaku peserta didik dan diharapkan dapat berperan penting untuk membentuk perilaku peserta didik yang baik dan benar serta mampu menjadi pondasi awal dari sebuah perkembangan zaman yang semakin maju dan tidak lepas dari budaya luar yang beragam. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Desain Pembelajaran aqidak akhlak dalam membentuk perilaku sopan santun peserta didik di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. 2) Implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam membentuk perilaku sopan santun peserta didik di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Desain pembelajaran akidah akhlak di MI Roudlotul Banat Sidoarjo sudah mencakup pemahaman mendalam tentang tujuan pembelajaran, penerapan metode pembelajaran yang tepat, penggunaan media yang sesuai, dan pemilihan materi yang relevan untuk membentuk perilaku peserta didik. 2) Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk perilaku di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo sudah mencakup berbagai aspek yang sesuai dengan ruang lingkup pembelajaran akidah akhlak. Pertama, dari segi akidah, guru mampu membimbing siswa untuk menjaga hubungan dengan Allah. Pendekatan ini menggunakan pendekatan pembiasaan yang merupakan bagian dari ruang lingkup pembelajaran akidah akhlak. Selain itu, aspek adab Islam juga diperhatikan dalam pembelajaran ini. Siswa diajarkan adab terhadap diri sendiri, terhadap Allah, terhadap sesama, dan terhadap lingkungan sekitar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Akhlak Perilaku |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi; Perilaku Peserta Didik; Aqidah Akhlak | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Priska Surya Silvana | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |