This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ma'arif, Adini (2025) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka di MTsN 5 Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Adini Ma'arif_06010320001.pdf Download (6MB) |
|
Text
Adini Ma'arif_06010320001_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2028. Download (6MB) |
Abstract
Pembahasan dari penelitian ini memuat pelaksanaan gaya kepemimpinan kepala madrasah, motivasi kerja guru, dan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan gaya kepemimpinan kepala madrasah pada pelaksanaan kurikulum merdeka, untuk mengetahui motivasi kerja guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka, dan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka di MTsN 5 Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Kepala madrasah, kepala madrasah sebagai informan kunci yang didukung dengan wakil kepala madrasah, komite madrasah, dan beberapa guru lainnya. Penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelakasanaan gaya kepemimpinan kepala madrasah pada pelaksanan kurikulum merdeka dilaksanakan dengan baik yakni melalui pemberian kesempatan berpendapat, menciptakan lingkungan kerja yang positif, serta memberi penghargaan pada guru. (2) Motivasi kerja guru pada pelaksanan kurikulum merdeka telah terlaksana dengan baik yakni meliputi kebangan diri, menganggap tantangan sebagai media berkembang, dan juga kebutuhan dunia kerja yang terpenuhi. (3) Gaya kepemimpinankepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka dilakukan dengan memastikan bahwa lingkungan kerja telah positif dan kondusif, memberi penghargaan pada guru, serta pelatihan untuk mengembangkan guru. (4) faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka yakni: faktor, meliputi penghargaan, pengembangan professional, sarana dan prasarana, lingkungan kerja aman dan nyaman, pelatihan-pelatihan, kebijakan kepala madrasah, dan juga kemauan dalam diri guru. Dan penghambat dalam meningkatakan motivasi kerja guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka adalah kemauan setiap personal untuk mengembangkan diri, keterbatasan fasilitas, dan perbedaan usia. Novelti dari penelitian ini adalah gaya kepimpinan yang dilakukan pada pelaksanaan kurikulum merdeka, dari segi pelaksanaan. Adapun saran untuk MTsN 5 Nganjuk agar lebih mengembangkan dan meningkatkan motivasi kerja guru.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Kepala Sekolah Kepemimpinan |
||||||||||||
Keywords: | Gaya kepemimpinan; meningkatkan motivasi kerja | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | adini Ma'arif | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:07 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76224 |
Actions (login required)
View Item |