This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rizkiyah, Fatkhiyatur (2024) Analisis perbandingan manajemen kurikulum Di Muslim Suksa School Satun Thailand Dan Billingual Junwangi Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fatkhiyatur Rizkiyah_06040321075.pdf Download (3MB) |
|
Text
Fatkhiyatur Rizkiyah_06040321075_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai perbandingan manajemen kurikulum program bahasa Inggris di salah satu instansi lembaga pendidikan Thailand dan Indonesia pada jenjang menengah keatas. Jika di Thailand jenjang menengah keatas kerab disebut dengan secondary school. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua obyek penelitian. Pertama, secondary school Muslim Suksa School Satun Thailand. Kedua, MA Billingual Junwangi Krian. Dan Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Analisis Perbandingan Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Billingual Junwangi Krian. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab fokus permasalahan yang diteliti, yaitu: (1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Billingual Junwangi Krian (2) Bagaimana Pengorganisasian Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Billingual Junwangi Krian (3) Bagaimana Penerapan Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Billingual Junwangi Krian (4) Bagaimana Evaluasi Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Bilingual Junwangi Krian (5) Bagaimana hasil Analisis Perbandingan Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Bilingual Junwangi Krian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 penanggung jawab program Bahasa Inggris, 2 guru pengajar Bahasa Inggris, dan 2 Peserta didik. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Manajemen Kurikulum Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Billingual Junwangi Krian sama-sama memiliki kurikulum tambahan program Bahasa Inggris dibawah naungan kurikulum nasional. Akan tetapi MA Billingual Junwangi Krianmemiliki buku pedoman program Bahasa Inggris tersendiri yang dibuat oleh guru pengajar Bahasa Inggris. (2) Pengorganisasian Manajemen kurikulum program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Billingual Junwangi Krian ternyata memiliki pengorganisaan kurikulum program Bahasa Inggris yang berbeda. Jika di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand berpicu terhadap speaking, listening, reading, writing. Jika di MA Billingual Junwangi Krianlebih fokus terhadap speaking, translating, listening writing, serta ditambah lagi broadcasting yang memuat MC, Presenter, Telling Story, Speech sebagai penunjang potensi peserta didik. (3) Penerapan Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Billingual Junwangi Krian merupakan instansi pendidikan yang sama-sama memiliki Pendidikan pesantren didalamnya. Akan tetapi jika sesuai penerapan program Bahasa Inggris nya, MA Billingual School memiliki penerapan proram Bahasa Inggris yang lebih baik dikarenakan Ketika didalam pesantren mereka membiasakan diri untuk berbicara menggunakan Bahasa asing. Berbeda halnya dengan Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand yang Ketika didalam pesantren masih sering menggunakan Bahasa Thailand (4) Evaluasi Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary School Muslim Suksa School Satun Thailand lebih berfokus terhadap blanko evaluasi program Bahasa Inggris siswa yang dibuat oleh penanggung jawab program Bahasa Inggris. Jika evaluasi program Bahasa Inggris MA Billingual Junwangi Krian, prnanggung jawab program mengajak peserta didik mengunjungi tempat wisata yang dirasa menjadi kunjungan para tourist agar peserta didik bisa berkomunikasi langsung dengan tourist menggunakan Bahasa asing, dan mendokumentasikannya dengan membuat mini vlog (5) Hasil Analisis Perbandingan Manajemen Kurikulum Program Bahasa Inggris di Secondary school Muslim Suksa School Satun Thailand dan MA Billingual Junwangi Krian merupakan instansi yang mempunyai latar belakang pesantren. Setiap pagi hari MA Billingual Junwangi Krian mendapatkan tambahan tiga mufrodat baru bahasa Arab dan bahasa Inggris. meski kebanyakan dari mereka lebih mahir menggunakan bahasa Arab karena sudah membudaya, setidaknya mereka sudah berani mengekspresikan diri dalam berkomunikasi bahasa Inggris. Berbeda halnya dengan Secondary school Muslim Suksa School Satun Thailand yang mana Ketika di dalam pesantren, kebanyakan dari mereka masih menggunakan bahasa Thailand dalam keseharinnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Inggris Manajemen Pendidikan Pendidikan > Kurikulum |
||||||||||||
Keywords: | Manajemen Kurikulum; Program Bahasa Inggris | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Fatkhiyatur Rizkiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:28 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76235 |
Actions (login required)
View Item |