Peningkatan kemampuan membedakan bentuk geometri melalui pemberian tugas yang dimdofikasi pada kelompok AI Di TK Muslimat NU 80 Kedungturi Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faidah, Fajariani Nur (2025) Peningkatan kemampuan membedakan bentuk geometri melalui pemberian tugas yang dimdofikasi pada kelompok AI Di TK Muslimat NU 80 Kedungturi Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajariani Nur Faidah_06010921005.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Fajariani Nur Faidah_06010921005_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas oleh rendahnya kemampuan anak didik dalam membedakan bentuk geometri. Peserta didik seringkali kesulitan dalam membedakan bentuk bentuk geometri di karenakan kurangnya guru dalam memotivasi anak didik untuk aktif dalam proses pembelajaran, dan proses pembelajaran kurang menarik sehingga anak merasa bosan Rumusan masalah dari penelitian : 1) Bagaimana penerapan kemampuan anak kelompok A1 TK Muslimat NU 80 Kedungturi Taman Sidoarjo dalam membedakan bentuk geometri melalui pemberian tugas yang dimodifikasi. 2) Bagaimana peningkatan kemampuan membedakan bentuk geometri melalui pemberian tugas pada kelompok A1 TK Muslimat NU 80 Kedungturi Taman Sidoarjo. Tujuan dari Penelitian : 1) Untuk mengetahui penerapan kegiatan pemberian tugas yang dimodifikasi dalam bentuk geometri yang menarik pada kelompok A1 TK Muslimat NU 80 Kedungturi Taman Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningatan kemampuan anak dalam membedakan bentuk geometri pada kelompok A1 TK Muslimat NU 80 Kedungturi Taman Sidoarjo Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Hopkins yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan (Observasi), 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah Kelompok A1 TK Muslimat NU 80 Kedungturi Taman Sidoarjo yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan pemberian tugas yang dimodifikasi dalam meningkatkan kemampuan membedakan bentuk geometri pada kelompok A1 TK Muslimat NU 80 Kedungturi Taman sidoarjo hal ini dapat dilihat dari hasil observasi lembar kerja guru pada siklus I mendapatkan hasil 74% dan untuk siklus II mendapatkan hasil 88%. 2) Pada hasil dari kemampuan siswa dalam membedakan bentuk geometri dari siklus I mendapatkan hasil 47,7 dan juga untuk siklus II mendapatkan hasil 81,4%. Hal ini dapat dibuktikan dari evaluasi aktivitas anak pada siklus I yang mendapatkan hasil 66,7% dan untuk siklus II mendapatkan 87,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faidah, Fajariani Nurfajarianinurfaida@gmail.com06010921005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087204
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Anak > Kepribadian
Keywords: Kemampuan; membedakan bentuk; geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fajariani nur faidah
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:24
Last Modified: 21 Jan 2025 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76246

Actions (login required)

View Item View Item