Hubungan antara self efficacy dan iklim sekolah dengan student engagement pada siswa MTsN 4 Jombang yang tinggal di pondok pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Ayik Lailatul (2025) Hubungan antara self efficacy dan iklim sekolah dengan student engagement pada siswa MTsN 4 Jombang yang tinggal di pondok pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayik Lailatul Fitriyah_11010121005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2028.

Download (8MB)
[img] Text
Ayik Lailatul Fitriyah_11010121005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Student engagement merupakan pengerahan energi dan waktu pada kegiatan kelas maupun luar kelas sehingga dapat memberikan kesempatan siswa untuk berkontribusi langsung pada kegiatan pembelajaran disekolah. Student engagement yang tinggi sangat dibutuhkan siswa untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan iklim sekolah dengan student engagement pada siswa MTsN 4 Jombang yang tinggal dipondok pesantren. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif korelasional dengan teknik analisis product moment dan multiple correlation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Student Engagement Scale (SES), Scala Self Efficacy (SSE) dan California School Climate Inventory (CSCI). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 300 siswa dan subjek sebanyak 143 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara parsial antara self efficacy dan iklim sekolah berhubungan positif dengan student engagement. Hasil penelitian juga menunjukkan hubungan antara self efficacy dan iklim sekolah secara bersama-sama dengan student engagement. Peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat memperluas subjek penelitian jika menggunakan konteks penelitian yang sama serta memperluas variabel penelitian yang dapat memberikan kontribusi pada student engagement sepeti dukungan sosial dari keluarga, pengaruh teman sebaya, atau motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Ayik Lailatulfitriyahayik@gmail.com11010121005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi Belajar
Keywords: Student engagement; self efficacy; iklim sekolah
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ayik Lailatul Fitriyah
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:51
Last Modified: 22 Jan 2025 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76446

Actions (login required)

View Item View Item