Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada kurikulum merdeka dan relevansinya dengan Kitab Bidayatul Hidayah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuraini, Intan (2024) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada kurikulum merdeka dan relevansinya dengan Kitab Bidayatul Hidayah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Nuraini_06040121107 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Intan Nuraini_06040121107 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2028.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter telah menjadi isu global yang banyak dibahas, khususnya sebagai solusi terhadap krisis moral dan menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia. Fenomena ini tercermin dalam berbagai kasus, seperti kekerasan antar pelajar, bullying, pergaulan bebas, serta lemahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru. Hal ini menunjukkan pentingnya pendidikan karakter untuk membentuk generasi yang berkualitas, membimbing individu menjadi pribadi yang baik, serta menyaring pengaruh buruk dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab klasik karya Imam Al-Ghazali dan mengeksplorasi relevansinya dengan pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka. Fokus utama penelitian ini adalah menjawab dua pertanyaan: (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah? (2) Bagaimana relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Bidayatul Hidayah dan pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka? Dengan menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini memanfaatkan berbagai sumber literatur seperti buku, artikel, dan laporan terkait. Analisis dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis) untuk mengidentifikasi dan menginterpretasi data secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Bidayatul Hidayah dengan pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka. Terdapat enam indikator karakter dalam profil pelajar Pancasila, yaitu: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki akhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Indikator-indikator ini relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Bidayatul Hidayah, seperti: niat baik dalam mencari ilmu, mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitas, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, menjaga diri dari larangan-larangan Allah SWT, etika yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, karakter peserta didik terhadap pendidik, etika terhadap kedua orang tua, serta menjalin hubungan baik dengan orang lain, baik itu teman, sahabat, maupun orang yang baru dikenal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuraini, Intaniintannuraini2020@gmail.com06040121107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Suyudi, M. Suyudialkiso57@gmail.com2001045703
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Akhlak
Adab
Pendidikan
Keywords: Pendidikan Karakter; Kurikulum Merdeka; Bidayatul Hidayah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: INTAN NURAINI
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:25
Last Modified: 22 Jan 2025 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76475

Actions (login required)

View Item View Item