Dinamika lembaga pendidikan islam dalam naungan Yamisas Klinterejo Sooko Mojokerto tahun 1987-2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Marisa Della (2025) Dinamika lembaga pendidikan islam dalam naungan Yamisas Klinterejo Sooko Mojokerto tahun 1987-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Marisa Della Puspita_03010221013 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Marisa Della Puspita_03010221013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dinamika Lembaga Pendidikan dalam Naungan YAMISAS Klinterejo Sooko Mojokerto Tahun 1987-2023” berisi tiga rumusan masalah yang dibahas, yaitu: (1) Bagaimana latar belakang pendirian Yayasan Al Mabarrot Al Islamy Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto?, (2) Bagaimana perkembangan Yayasan Al Mabarrot Al Islamy Salafiyyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto tahun 1987-2023?, (3) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat kemajuan Yayasan Al Mabarrot Al Islamy Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto tahun 1987-2023? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menerapkan metode penelitian sejarah (historis) yang terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan sumber (heuristik), kritik sumber (verifikasi), penafsiran sumber (interpretasi), dan penulisan sejarah (historiografi). Pengumpulan didapat dengan cara wawancara dan arsip-arsip yayasan . Kemudian penulis menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologi. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori sosial-institution dan teori Continuity and Change untuk menjelaskan secara rinci kesinambungan dan perubahan berlangsung dalam Yayasan Al Mabarrot Al Islamy Salafiyah Syafi’iyah Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Yayasan Al Mabarrot Al Islamy Salafiyah Syafi’iyah berawal dari pendirian Madrasah Ibtidaiyah NU pada tahun 1949 oleh KH. Yunus, KH. Makhfudz, KH. Salim, dan KH. Turmudzi, dengan KH. Yunus sebagai ketuanya. Setelah wafatnya, kepemimpinan diteruskan oleh putranya, KH. Abdul Ghafir Yunus, yang mendirikan yayasan tersebut pada tahun 1987. (2) Yayasan mengalami perkembangan signifikan, ditandai dengan bertambahnya lembaga pendidikan formal, termasuk pondok pesantren tahfiz yang sejalan dengan mottonya sebagai “Madrasah Penghafal al-Qur’an,” serta pengembangan sarana prasarana yang terus berlangsung hingga saat ini. (3) Perkembangan yayasan dipengaruhi oleh berbagai faktor pendukung dan penghambat. Faktor internal meliputi kepemimpinan, pengurus, tenaga pendidik, dan penyelenggaraan pembelajaran, sedangkan faktor eksternal mencakup dukungan masyarakat dan keberadaan lembaga pendidikan lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Marisa Dellamarisadellapus@gmail.com03010221013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Ahmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorKhairi, Akhmad Najibullatakun_masdu@yahoo.com2015017801
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Sejarah; dinamika; lembaga pendidikan islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Marisa Della Puspita
Date Deposited: 22 Jan 2025 05:51
Last Modified: 22 Jan 2025 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76479

Actions (login required)

View Item View Item