Pengaruh customer relationship management terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di mi ma'arif candi sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulthon HM, Moch Aulya (2025) Pengaruh customer relationship management terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di mi ma'arif candi sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Aulya Sulthon HM_06010321015 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Moch Aulya Sulthon HM_06010321015 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 January 2028.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di MI Ma’arif Candi Sidoarjo. Teori yang digunakan dalam penelitian menggunakan Teori Philip kotler, Gary Armstrong, dan Francis Buttle yang menyatakan bahwasanya customer relationship management berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini melibatkan wali murid kelas 6 di MI Ma’arif Candi Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah wali murid kelas 6 MI Ma’arif Candi Sidoarjo, diambil sampel sebanyak 75 wali murid. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan presentase 83,8%. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa H1 diterima, sehingga dapat diartikan Customer Relationship Management (X) berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y1) di MI Ma’arif Candi Sidoarjo, (2) customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa H2 diterima, sehingga dapat diartikan Customer Relationship Management (X) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) di MI Ma’arif Candi Sidoarjo, (3) kepuasan pelanggan tidak terdapat pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,109 > 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa H3 ditolak, sehingga dapat diartikan Kepuasan Pelanggan (Y1) tidak terdapat pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) di MI Ma’arif Candi Sidoarjo. (4) customer relationship management, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan presentase 76,1%. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa H4 diterima, sehingga dapat diartikan Customer Relationship Management (X), Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) di MI Ma’arif Candi Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulthon HM, Moch Aulyaaulisulthon2704@gmail.com06010321015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Customer Relationship Management; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moch Aulya Sulthon HM
Date Deposited: 23 Jan 2025 05:21
Last Modified: 23 Jan 2025 05:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76496

Actions (login required)

View Item View Item