This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muflichatin, Miftachul (2024) Peran orang tua terhadap kesadaran sosial (social awareness) anak di kelas III SD Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Miftachul Muflichatin_D97218097 full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2028. Download (4MB) |
|
Text
Miftachul Muflichatin_D97218097.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap anak kelas III di SD Bahrul Ulum yang memiliki social awareness tinggi terhadap teman-temannya. Peneliti menganalisis lebih lanjut terkait peran orang tua anak- anak yang dimaksud. Social awareness sendiri dapat tumbuh melalui lingkungan yang paling kecil, yaitu keluarga. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana peran orang tua dalam perkembangan kesadaran sosial (social awareness) anak di kelas III SD Bahrul Ulum Surabaya?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap kesadaran sosial anak di kelas III SD Bahrul Ulum Surabaya. Adapun indikator social awareness yang digunakan oleh peneliti adalah empati, berorientasi pada pelayanan, dan kesadaran berorganisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk memaparkan keadaan objek yang diteliti secara mendalam. Data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dengan orang tua, anak, dan wali kelas serta dokumentasi kegiatan. Hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi mengenai peran orang tua terhadap kesadaran sosial (social awareness) anak kelas III SD Bahrul Ulum Surabaya dapat diketahui bahwa dalam indikator empati orang tua dapat memberikan teladan, mengajarkan anak untuk berempati, dan memanfaatkan media pembelajaran. Pada indikator berorientasi pada pelayanan orang tua dapat berperan dengan mengajarkan sikap proaktif membantu, melibatkan anak dalam kegiatan sosial, memberikan tanggung jawab di rumah, dan memberikan apresiasi atas sikap pelayanan. Pada indikator kesadaran berorganisasi, orang tua dapat berperan dengan cara memberikan pemahaman tentang kerja sama, mengikutsertakan anak dalam kegiatan kelompok, mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, serta memberikan dukungan moral. Dalam upaya mengembangkan kesadaran sosial pada anak, peran orang tua menjadi faktor fundamental yang memengaruhi pembentukan nilai dan kemampuan anak untuk bersosialisasi. Peran orang tua yang maksimal akan mengoptimalkan kesadaran sosial anak. Namun, apabila peran orang tua kurang maksimal, maka kesadaran sosial anak juga akan kurang optimal.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Keluarga > Keluarga - Anak |
||||||||||||
Keywords: | Kesadaran sosial; perang orang tua; anak | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Miftachul Muflichatin | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 02:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 02:26 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76514 |
Actions (login required)
View Item |