Analisis literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah tidak terstruktur pada konten aljabar ditinjau dari self confidence

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Illiyin, Zahirotul (2025) Analisis literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah tidak terstruktur pada konten aljabar ditinjau dari self confidence. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahirotul Illiyin_06020421060.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Zahirotul Illiyin_06020421060_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2028.

Download (6MB)

Abstract

Enam literasi dasar yang menjadi pengetahuan penting untuk dikuasai oleh semua orang salah satunya adalah literasi numerasi. Literasi numerasi peserta didik di Indonesia masih rendah yang ditunjukkan dari hasil PISA yang dilakukan setiap 3 tahun sekali. Rendahnya literasi numerasi tersebut memunculkan kebijakan baru yang dilakukan oleh pemerintah berupa asesmen kompetensi minimum (AKM) sejak tahun 2021. Dalam menyelesaikan permasalahan yang disajikan pada AKM numerasi tidak hanya sebatas pada masalah terstruktur saja, melainkan masalah tidak terstruktur yang dalam penyelesainnya memiliki berbagai solusi cara penyelesaian khususnya pada konten aljabar. Rendahnya literasi numerasi juga disebabkan oleh salah satu faktor internal, yaitu tingkat self confidence yang dimiliki peserta didik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan literasi numerasi siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah tidak terstruktur pada konten aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di MAN 1 Gresik pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas X-11 MAN 1 Gresik, yaitu 2 siswa dengan self confidence tinggi, 2 siswa dengan self confidence sedang, 2 siswa dengan self confidence rendah. Pemilihan subjek tersebut dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes literasi numerasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data tematik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa yang memiliki self confidence tinggi mampu merepresentasikan objek atau situasi matematika, mampu menggunakan strategi pemecahan masalah, dan mampu menalar dan menarik kesimpulan. Sedangkan siswa yang memiliki self confidence sedang mampu merepresentasikan objek atau situasi matematika, kurang mampu menggunakan strategi pemecahan masalah, dan kurang mampu menalar dan menarik kesimpulan. Kemudian siswa yang memiliki self confidence rendah kurang mampu merepresentasikan objek atau situasi matematika, tidak mampu menggunakan strategi pemecahan masalah, dan tidak mampu menalar dan menarik kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Illiyin, Zahirotulzahirotull.illiyin@gmail.com06020421060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Literasi numerasi; masalah tidak terstruktur; konten aljabar; self confidence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zahirotul Illiyin
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:47
Last Modified: 24 Jan 2025 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76635

Actions (login required)

View Item View Item